Breaking News:

Bacaan Niat Puasa Ramadan Lengkap dengan Artinya dan Doa Buka Puasa Lengkap dengan Artinya

Berikut ini bacaan niat puasa ramadan dan bacaan doa buka puasa ramadan bagi yang mejelankan ibadah puasa 2020 atau 1441 Hijriah.

Editor: Hendri Gusmulyadi
TribunWow.com/okipratiwi
Ilustrasi orang berdoa dan berniat 

TRIBUNPEKANBARU.COM-  Berikut ini bacaan niat puasa ramadan dan bacaan doa buka puasa ramadan bagi yang mejelankan ibadah puasa 2020 atau 1441 Hijriah.

Puasa Ramadan adalah pelaksanaan dari Rukun Iman yang keempat dimana elah diperintahkan oleh Allah SWT kepada seluruh hamba-Nya yang beriman.

Hal tersebut jelas tertera dalam firman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Jadi bisa disimpulkan bahwa melaksanakan puasa Ramadan merupakan hal yang wajib hukumnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia kepada penciptanya secara langsung serta kegiatan yang menyangkut aspek hablum minallah.

Namun dengan menjalankan puasa Ramadan juga memiliki keterkaitan yang begitu erat di antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Hal itu dalam dilihat dari timbulnya rasa simpatik serta rasa kebersamaan, timbulnya semangat untuk saling tolong menolong.

Puasa merupakan salah satu bentuk ketentuan Allah yang harus dijalankan oleh setiap mukmin, dimana dalam syariat islam tujuan berpuasa adalah untuk meningkatkan kualitas ketakwaan kita.

Selain ayat 183, dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 185 juga tampak sekali tentang kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankan puasa Ramadan

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved