Breaking News:

Ramadhan 2020

Pasar Ramadhan di Dumai Ditiadakan, Ini Penjelasan Walikota Dumai Zulkifli AS

kebijakan tersebut mengacu pada Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 92/SE/2020 tanggal 30 Maret 2020 mengenai Antisipasi penyebaran Corona

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Fernando
Pasar Ramadhan di Dumai Ditiadakan, Ini Penjelasan Walikota Dumai Zulkifli AS. Foto : Kepala Dinas Kesehatan Dumai, Paisal tampak memimpin langsung pengambilan sampel tajil dan makanan di pasar ramadhan tahun 2019. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Walikota Dumai, Zulkifli As, telah mengeluarkan surat edaran mengenai pelaksanaan pasar ramadhan di Kota Dumai, dalam surat edaran tersebut, Pelaksanaan Pasar Ramadhan untuk Tahun 2020 M / 1441 H ditiadakan.

Zulkifli As mengaku, bahwa surat edaran itu adalah sebuah kebijakan yang tidak mudah untuk diputuskan ditengah suasana ekonomi masyarakat yang sedang tergoncang.

Lebihlanjut dijelaskanya, kebijakan tersebut mengacu pada Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 92/SE/2020 tanggal 30 Maret 2020 mengenai Antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan serta memperhatikan kondisi penyebaran COVID-19 di Kota Dumai dalam status siaga Darurat Bencana Non Alam (Transmisi Lokal).

"Tidak boleh kita kesampingkan adalah bahwa, kondisi terkini jumlah pasien positif covid-19 di Kota Dumai yang terus bertambah (akumulatif per hari ini, 8 orang). 6 diantara pasien positif tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG)," katanya, Jumat (24/4/2020).

Dirinya berharap, Surat Edaran ini bisa membuat masyarakat semakin menyadari bahwa virus covid-19 ini nyata keberadaannya dan bukan main-main.

Semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah pasti ada lebih dan kurang nya.

Ia menjelaskan, apapun kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah Tentu semuanya di tujukan untuk keselamatan dan kesehatan warga masyarakat Dumai.

"Melihat kebijakan pemerintah dari sisi manfaat yang lebih banyak, Semoga kita semua bisa terhindar dari virus Internasional ini," imbuhnya.

Zulkifli As menerangkan, dalamSurat Edaran (SE) Nomor 443.1/868/DISPERDAG tersebut, ‎ada tiga point, yakni pertama, pelaksanaan Pasar Ramadhan untuk Tahun 2020 M /1441 H ditiadakan.

Kemudian, tambahnya poin ke dua adalah melakukan pengawasan atas aktivitas masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan seperti berkumpul di sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Sedangkan point ketiga, tambahnya, surat Edaran ini harus dipatuhi dan ditaati dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Kota Dumai, apabila tidak dipatuhi dan ditaati maka akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"SE ini kita tujukan kepada Kepala Satpol PP Kota Dumai, Dishub Kota Dumai, Disperdag Kota Dumai, Dinkes Kota Dumai, Camat se-Kota Dumai, Lurah se-Kota Dumai," pungkasnya.

Ramadhan 2020 - Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved