Breaking News:

Virus Corona di Dumai

DATA Calon Penerima Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Dumai

Jika memang masih ada warga yang terdampak tapi belum masuk dan terdata bisa melapor kepada petugas yang ada baik di Dinas Sosial Kota Dumai

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
DATA Calon Penerima Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Dumai. Walikota Dumai Zulkifli AS sampaikan data calon penerima bantuan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Pemerintahan Kota Dumai dalam Konferensi pers, memaparkan data penerima bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Dumai.

Konferensi pers yang dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Kota Dumai, Jalan Janur Kuning, pada Senin (27/4/2020) Sore tersebut, langsung dipimpin oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli As, didampingi Kadissos, Hasan Basri. ‎

Zulkifli As menerangkan, bahwa terkait data penerima bantuan terdampak Covid-19 di Kota Dumai, sudah selesai dilakukan oleh tim pen data.

"Jika memang masih ada warga yang terdampak tapi belum masuk dan ter data bisa melapor kepada petugas yang ada baik di Dinas Sosial Kota Dumai maupun di tingkat kelurahan," terangnya.

Ia mengatakan, untuk jaring pengaman sosial di Kota Dumai ada dua kategori yakni bantuan dari Pemerintah Pusat dan bantuan dari Pemerintah Kota Dumai sendiri.

"Untuk data dari Pemerintah Pusat ada sekitar 24.500 KK yang ter data, sementara untuk bantuan dari Pemerintah Kota Dumai ada sekitar 15.643 jiwa yang sudah ter data," terangnya.

Dirinya mengatakan, untuk data dari Pemerintah Pusat sudah dilakukan verifikasi dilapangkan, sementara untuk data yang di himpun oleh Dinas Sosial nantinya akan di serahkan ke RT setempat untuk di verifikasi ulang.

"Jadi data- data ini berbasis dengan nomor Induk Kependudukan, itu dilakukan untuk meminimalisir data ganda yang mendapat bantuan terdampak Covid-19," sebutnya.

Zulkifli As menjelaskan untuk bantuan dari Pemerintah Pusat dengan jumlah 24.500 KK itu dengan rincian untuk PKH sebanyak 5.082 KK, BPNT 4.123 KK dan BLT 14.871 KK.

"Sementara data bantuan dari sumber APBD Kota Dumai di himpun dari berbagai bidang seperti UMKM, bidang perhubungan (ojek, becak, supir oplet), bidang perdagangan, bisa kesejahteraan sosial, bidang jasa tenaga kerja dan bidang perikanan," paparnya.

Untuk bantuan dari Pemerintah Pusat berupa uang tunai yang langsung memang dikirim ke penerima langsung baik melalui rekening maupun lewat pos.

"Untuk pusat mereka menerima sekitar Rp 600.000 perbulannya," tuturnya.

Sementara, tambahnya, untuk bantuan dari sumber APBD Kota Dumai nantinya bisa berupa sembako atau uang tunai, jumlahnya juga lebih kurang Rp 600.000 perbulan yang langsung di serahkan ke penerima.

Dikatakanya, bagi masyarakat yang belum ter data bisa melaporkan dirinya ke Dinas Sosial maupun kelurahan, LPMK, Babinsa, Bahabinkantibmas, dan PSM.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved