Pelalawan

140 Rumah Terendam, Ini Data Warga Terdampak Banjir di 2 Desa di Pelalawan Riau Akibat Sungai Meluap

Total 140 rumah terendam banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga & Air Hitam, Kecamatan Ukui Pelalawan Riau, dengan 115 Kepala Keluarga (KK) dan 409 jiwa

istimewa
Banjir yang melanda Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan tampak merendam rumah warga, Kamis (30/4/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, UKUI- Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan kembali dilanda banjir sejak Rabu (29/4/2020) hingga Kamis (30/4/2020) sore air semakin tinggi.

Banjir terjadi akibat luapan Sungai Nilo yang berbatasan langsung dengan kedua desa tersebut.

Air dari Sungai meluber hingga ke permukiman warga disebabkan curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir mengakibatkan ratusan warg terdampak lantaran rumahnya terendam. Termasuk akses jalan, fasilitas umum hingg fasilita sosial jug turut digenangi air.

"Total ada 140 rumah yang terendam banjir di dua desa tersebut. Tim gabungan sudah melakuka pendataan ke lokasi," beber Camat Ukui, Amri Juharza, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (30/4/2020).

Gempa Goyang 3 Provinsi. Titik Gempa di Padang Lawas, Getaran Terasa Hingga Pekanbaru & Bukittinggi

Pedihnya Hidup Saat PSBB, Hisyam Harus Jual Cincin Istri, Bakal Nakat Pulang Kalau Tabungan Habis

BREAKING NEWS: Tembus 10 Ribu, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 347 Orang, Riau Masih 41 Kasus

Amri merincikan, di Desa Lubuk Kembang Bunga terdapat 115 Kepala Keluarga (KK) dengan 409 jiwa yang terkena banjir. Pasalnya rumah yang terendam mencapai 100 unit dan yang terdampak ada 15 unit. Fasilitas soasial berupa rumah adat dan Rumah Kantor (Rukan) Babin ikut terendam air. Fasilitas umum diantaranya mushallah dan akses jalan sepanjang 1.600 meter turut digenangi banjir.

"Pengungsi ada 17 KK yang sudah mengungsi, baik ke rumah keluarga masing-masing maupun di fasilitas umum yang disediakan perangkat desa," tambah Camat Amri.

Untuk Desa Air Hitam, warga yang terdampak banjir mencapai 172 KK dengan 688 jiwa. Rumah yang terdampak mencapai 132 rumah dan yang terendam sebanyak 40 unit. Ada 14 KK yang telah mengungsi karena rumahnya dikepung banjir

Fasos yang terdampak diantaranya balai adat, rukan babinsa, masjid, mushallah, dan akses jalan sepanjang 3 kilometer. Ada juga gedung perkantoran yang terdampak diantaranya kantor Desa Air Hitam, kantor BumDes, Kantor KUD, Pustu, Aula Kantor Desa, dan Kantor PKK

"Tim di lapangan telah mengaktifkan posko kesehatan dan tim evakuasi warga yang terdampak banjir," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved