Breaking News:

Ramadhan 2020

MUTIARA Ramadhan: Rumahmu Adalah Masjidmu Meraih Lailatul Qadar Saat Wabah Covid-19 - Hukum & Dalil

Alquran juga menjelaskan secara ekplisit tentang rumah sebagai masjid, misalnya dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 125

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
MUTIARA Ramadhan: Rumahmu Adalah Masjidmu Meraih Lailatul Qadar Saat Wabah Covid-19 - Hukum & Dalil 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mutiara Ramadhan kali ini akan disampaikan oleh Ustadsz DR.Nurhadi S.Pdi SE Sy. S Sy. M Sy. MH. M Pd dan akan berbicara tentang "Rumahmu Adalah Masjidmu".

Berikut isinya :

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Seluruh media memberitakan bahwa di tengah-tengah wabah Virus Corona yang sedang mendunia ini, banyak negara dalam rangka memutus rantai penularannya mengadakan lockdown, di Indonesia lebih dikenal dengan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), sehingga disebahagian negara seperti kota mati ketika lockdown diberlakukan.

Tidak terkecuali negara-negara muslim di timur tengah dataran teluk dan daratan Zajirah Arab, tidak ketinggalan dua tanah suci (Makkah dan Madinah) juga ikut lockdown (ibadah umrah ditiadakan) sampai beberapa waktu yang belum ditentukan, tentu karena penyebabnya adalah wabah virus corona.

Maka, sampai berakhirnya bala wabah virus corona inilah baru akan berakhir lockdown di tanah suci.

MUTIARA Ramadhan: Rumahmu Adalah Masjidmu Meraih Lailatul Qadar Saat Wabah Covid-19 - Hukum & Dalil. Kondisi sekitar Kabah dilihat dari video live (16/03/2020)
MUTIARA Ramadhan: Rumahmu Adalah Masjidmu Meraih Lailatul Qadar Saat Wabah Covid-19 - Hukum & Dalil. Kondisi sekitar Kabah dilihat dari video live (16/03/2020) ((Tangkapan layar https://makkahlive.net/tvhd.aspx))

Mufti Mesir dan juga grand Syekh Al Azhar sudah memfatwakan akan perlunya lockdown dan PSBB dalam upaya melawan, menangani dan memutus rantai penularan dan penyebaran wabah virus corona yang mempandemi ini.

Fatwa tersebut (Mufti Mesir dan juga grand Syekh Al Azhar), diikutilah pulalah fatwa-fatwa diberbagai lembaga fatwa diberbagai negara, tanpa ketinggalan juga Indonesia sebagai negara muslim terbesar dunia.

Dampak dari lockdown dan PSBB itu berimbas pada rutinitas ibadah harian (sholat berjamaah di masjid dan mushalla) juga ibadah tahunan (bulan suci Ramadhan dan mungkin ibadah Haji nantinya yang belum tahu kepastiannya).

Kegembiraan menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan sirna bak diterpa angin kencang, wajah muram dan marah sedikit kecewa namun tidak bisa berbuat apa-apa, sebab bulan yang penuh ibadah secara bersama dan berjamaah hilang diusir virus corona dengan berdasarkan fatwa para ulama sedunia.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved