Breaking News:

Siak

Omset Sektor Usaha di Siak Menurun Saat Pandemi Covid-19, Penerimaan Pajak Daerah Tak Capai Target

Sektor usaha mengalami penurunan omset saat pandemi Corona dan sebagai konsekuensinya penerimaan daerah Siak di triwulan I hanya capai 27 persen

Penulis: Mayonal Putra | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
BREAKING NEWS : Asap Karhutla di Riau Selimuti Ibukota Kabupaten Siak, Pemandangan di Udara Memutih 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK- Penerimaan pajak daerah Kabupaten Siak pada triwulan I tahun  2020 tidak mencapai target di hampir semua sektor. Hal itu diakibatkan sektor usaha yang menjadi objek pajak mengalami penurunan pendapatan di tengah wabah virus corona.

Target pencapaian pajak hingga 30 April 2020 Kabupaten Siak untuk semua jenis pajak  sebesar Rp 106 miliar lebih. Realisasinya hanya sebesar Rp 29 miliar lebih atau 27,68 persen.

Sektor pajak yang paling dominan mengalami penurunan sampai 30 April 2020 yakni pajak hotel. Targetnya sebesar Rp 725 juta namun yang hanya  terealisasi Rp 82 juta lebih atau 11,39 persen. 

Kemudian pajak restoran  dari target Rp 4,2 miliar lebih terealisasi hanya Rp 1 miliar lebih atau 25,58 persen.

Selain itu juga pajak dari sektor hiburan yang semula ditargetkan Rp 175 juta namun terealisasi Rp 60 juta lebih atau sebesar 34,61 persen.

Alhamdulillah, 18 Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 di Siak Riau Dinyatakan Sembuh

BANDEL Masih Keluyuran Malam,Belasan Murid SMP Terjaring Tim Gabungan yang Dipimpin Bupati Siak Riau

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Siak Syahruddin menyampaikan pendapatan  pajak daerah sampai akhir April  tidak mencapai target. Karena hampir semua usaha di Kabupaten Siak lesu akibat pandemi Covid 19.

Pencapaian target dari Januari-  30 April 2020 untuk seluruh jenis pajak dengan realisasi sebesar Rp 29 miliar lebih 27,68  persen dari target pajak sebesar Rp 106 miliar lebih.

"Kalau dilihat secara umum kondisi saat ini mungkin target pajak daerah tak tercapai. Penurunan pendapatan hampir pada semua jenis pajak yang ada di Kabupaten Siak," kata Syahruddin.

Ia melanjutkan, beberapa pengelola hotel mengakui mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap.

Ditambah lagi adanya kebijakan pemerintah agar masyarakat menghindari penularan virus corona dengan melakukan isolasi di rumah.

Selain itu, sejumlah restoran maupun tempat hiburan di Kota Siak juga mengalami hal yang sama.

PKK di Siak Terjun Melawan Covid 19, Kumpulkan Dana Lalu Berikan Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

"Kita berharap virus Corona ini cepat pergi dari daerah kita ini. Supaya aktivitas masyarakat kembali normal dan sektor perekonomian semakin membaik," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)
 

--

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved