Virus Corona di Dumai

Sering Layani Langsung Masyarakat & Khawatir Tertular,88 Pegawai Dinkes Kota Dumai Jalani Rapid Test

Sebagai aparat yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat dan khawatir penyebaran Covid-19, 88 pegawai Dinkes Dumai jalani rapid test.

istimewa
Plt Kadis Dumai Jalani Rapid Test 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Pandemi Covid-19 telah menyebar ke 7 Kecamatan di Kota Dumai, hingga Minggu (3/5/2020) Pukul 16.00 WIB, jumlah ODP di Dumai sebanyak 426 kasus, PDP 21 kasus, pasien terkonfirmasi positif virus Corona 13 kasus, dan yang sembuh tiga orang.

Kekhawatiran juga melanda para aparatur yang memberikan pelayanan publik atau bersentuhan langsung dengan aktivitas masyarakat. Salah satunya pegawai di Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Sebanyak 88 pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Dumai, hari ini Senin (4/5/2020) menjalani tes cepat (rapid test) guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19). Rapid test dilaksanakan di kantor Dinkes Dumai, Senin (4/5/2020).

Plt kepala Dinkes Dumai Syahrinaldi yang memimpin langsung rapid test mengatakan, rapid test diikuti 88 pegawai Dinas Kesehatan Kota Dumai terdiri dari 52 PNS dan 36 TKS.

2 Balita Positif Covid-19 yang Dirawat di RSUD Dumai Sehat Tapi Belum Boleh Pulang, Ini Sebabnya

Klaster Pondok Pesantren Magetan dan Nakes Teladan Dumai Asal Pasien Covid-19 Terbanyak di Riau

Ia menambahkan, rapid test ini untuk mendeteksi atau screnning pegawai Dinkes agar terhindar dari virus Corona.

"Kami berharap hasilnya semua negatif, setelah mengetahui hasilnya, diharapkan para pegawai Dinkes tenang dalam melaksanakan tugasnya, orang lain juga tenang saat berurusan ke kantor Dinas Kesehatan, selanjutnya, keluarga di rumah juga merasa tenang setelah mengetahui hasilnya dan tidak merasa was-was lagi," harapnya.

Syahrinaldi, jika ada yang positif rapid test disertai gejala seperti demam, batuk dan sesak nafas, maka akan dirawat di RSUD Kota Dumai guna pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam rapid test anti body ini, tambahnya, dilaksanakan oleh 2 dokter dari Puskesmas Bukit Kapur, petugas yang melakukan rapid test menggunakan alat pengaman diri (APD) seperti baju astronot, face shield dan masker sesuai protap.

Diakuinya, selain melaksanakan rapid test terhadap pegawai Dinkes Dumai, Rapid test juga dilaksanakan kepada seluruh pegawai Puskesmas se Kota Dumai secara bertahap.

Syahrinaldi mengungkapkan, selama Pandemi Covid-19, kantor Dinas Kesehatan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Siapa saja yang berkunjung ke kantor Dinkes Dumai wajib mengenakan masker, melewati pemeriksaan suhu tubuh, dan mencuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penularan virus Corona," pungkasnya.(Tribunpekanbaru.com/DonyKusuma)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved