Dumai

Banyak Tersumbat Plastik, Wali Kota Dumai Tinjau Normalisasi Drainase dan Pemasangan Jaringan SPAM

Walikota Dumai, Zulkifli As meninjau kegiatan normalisasi drainase di Jalan Sultan Hasanuddin, dan Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai, Selasa (5/5/2020)

istimewa
Walikota tinjau normalisasi drainase di jalan hasanudin 

‎TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Walikota Dumai, Zulkifli As meninjau kegiatan normalisasi drainase di Jalan Sultan Hasanuddin, dan Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai, Selasa (5/5/2020).  Peninjauan ini dilakukan agar proyek yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Dumai berjalan dengan baik ditengah Pandemi Covid-19, bukan hanya meninjau Normalisasi drainase, Walikota Dumai, juga meninjau pemasangan jaringan pipa distribusi Sistem Penyedian Air minum (SPAM), kota Dumai.

Disela-sela kunjungannya, Walikota Dumai, Zulkifli As, mengungkapkan, meskipun ditengah Pandemi Covid-19, ‎permasalahan banjir dan air bersih harus tetap berjalan demi kemakmuran masyarakat Dumai.

Ia menambahkan, pemasalahan banjir dan air bersih harus segera diselesaikan, tentunya ini menjadi perhatian pemerintah, salah satu langkah mencegah terjadinya banjir yakni melakukan normalisasi drainase-drainase yang ada di Dumai.

"Normalisasi ini dilakukan guna memperlancar aliran air agar tidak lagi terjadi banjir," imbuhnya.

2 Balita Positif Covid-19 yang Dirawat di RSUD Dumai Sehat Tapi Belum Boleh Pulang, Ini Sebabnya

Klaster Pondok Pesantren Magetan dan Nakes Teladan Dumai Asal Pasien Covid-19 Terbanyak di Riau

Diterangkanya, pada saat dilakukan pengorekan, kondisi drainase sudah mengalami penyumbatan oleh sampah plastik dan lumpur atau sedimen, akibatnya aliran air tersumbat.

"Kegiatan ini untuk mengangkat tumpukan sampah dan sedimen agar tidak ada lagi penyumbatan, mengembalikan fungsi drainase untuk mencegah banjir, " sebutnya.

Dirinya berharap jika drainase telah di normalisasi, jika turun hujan dengan intensitas besar, maka fungsi drainase untuk mencegah banjir bisa bekerja maksimal.

Ia menghimbau bagi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke drainase, mari sama-sama menjaga kebersihan kota Dumai.

Sistem Penyedian Air minum

Saat Zulkifli As rombongan meninjau pemasangan jaringan pipa distribusi Sistem Penyedian Air minum (SPAM), kota Dumai, mengaku, bahwa target masyarakat bisa menikmati air bersih dan minum pada akhir tahun.

Ia menambahakan, untuk SPAM Kerjasama pemerintah dan bandan usaha (KPBU), SPAM Durolis, dan SPAM NUWSP‎ ditargetkan salah satu dari tiga kegiatan akan mulai beroprasi di akhir tahun.

Walikota Dumai Melihat kondisi pipa lama
Walikota Dumai Melihat kondisi pipa lama (istimewa)

"Pemasangan jaringan pipa distribusi kota Dumai lokasi di jalan Bukit Timah KM 10, menyambung pipa lama untuk menkoneksi sumber air bersih dari tiga ‎kegiatan yakni SPAM KPBU, SPAM Durolis dan SPAM NUWSP. Dan pemasangan pipa ini menggunakan pipa lama proyek multiyears tahun 2008 samapai 2011 yang masih bisa di gunakan," sebutnya.

Ia juga menegaskan, pipa lama masih bisa digunakan hingga ke Kota sepanjang 7 KM dari Bukit Timah KM 10 ini, dan tetap masih ‎bisa digunakan dalam keadaan baik.

Validasi Penerima Bansos Covid-19, Walikota Dumai: Kalau Belum Terdata, Lapor Ke Tim Pengawas

"Mudah mudahan akhir ‎tahun ini bisa dirasakan oleh masyarakat Dumai air bersih ini," pungkasnya.

Saat meninjau normalisasi drainase, walikota didampingi Kepala Dinas PUPR Dumai H Zulkarnain, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Dumai Riau Satria, Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan, Kabid Alat Berat Riski Kurniawan dan Anggota DPRD Dumai Sutrisno dan lainnya.(tribunpekanbaru.com/Dony)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved