Kepulauan Meranti

Desa Baran Melintang Menjadi Desa Pertama di Kepulauan Meranti Riau yang Menyalurkan BLT DD

Pemdes Baran Melintang Kepulauan Meranti Riau menjadi desa pertama dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk 50 KK selama 3 bulan.

istimewa
Pemdes Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau menjadi desa pertama dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di daerah Kepulauan Meranti. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Pemerintah Desa (Pemdes) Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau menjadi desa pertama dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di daerah Kepulauan Meranti.

Hari Rabu (6/5/2020) ini sebanyak 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan uang tunai senilai Rp600 ribu selama tiga bulan ke depan.

Kepala Desa (Kades) Baran Melintang, Penti Kurniawan SPsi, MM mengatakan, setelah memvalidasi data penerima serta berhasil melakukan pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 pihaknya sudah diharuskan menyalurkan BLT-DD terhadap warga terdampak Covid-19.

"Kenapa penyaluran ini bisa cepat, karena kita belum seluruhnya menggunakan pencairan Dana Desa tahap I. Jadi digeser ke APBDes Perubahan dan langsung direalisasikan ke penanganan Covid-19," ungkap Penti, Rabu (6/5/2020).

Tiga Kapal Bermuatan Bantuan Sembako Pemda Meranti Tiba, Bansos Covid-19 Segera Didistribusikan

Baru 2 Santri Klaster Magetan yang Terdeteksi Di Kecamatan Enok, Gugus Tugas Jalani Rapid Test.

Ia menyebutkan, mekanisme penyaluran BLT-DD tetap merujuk pada protokol kesehatan dan didampingi oleh pihak kepolisian dan TNI setempat. "Penyerahan secara simbolis pagi pukul 09.00 di Kantor Desa Baran Melintang. Kemudian kita langsung menyerahkan dari rumah kerumah kepada KPM," jelasnya.

Pria lulusan Magister Management Unitomo Surabaya ini juga menegaskan, warga yang mendapatkan BLT-DD adalah warga di luar daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari agar masyarakat bisa tenang menyambut bulan suci Ramadan dan nantinya bisa merayakan Idhul Fitri dengan tenang meskipun dalam susana keprihatinan Covid-19 saat ini," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kepulauan Meranti, Drs Ikhwani melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Darwis SIP MSi menyatakan penyaluran BLT-DD oleh Desa Baran Melintang juga sejalan dengan intruksi kepada daerah agar sesegera mungkin menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemerintah Kabupaten Kampar Sediakan Lahan 10 Ha untuk Tanam Jagung

Warganya Positif Covid-19, Satu Perumahan di Pekanbaru Minta Diisolasi

"Hal ini sesuai arahan Pak Bupati Kepulauan Meranti yang menegaskan agar dalam minggu ini semua jenis bantuan sosial segera disalurkan ke masyarakat mengacu Surat Menteri Desa PDTT Nomor 12/PRI.00/IV/2020 tanggal 27 April 2020," sebutnya.

Darwis mengakui, Desa Baran melintang akan menjadi Desa Pertama Se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan menjadi Desa Kedua Se-Provinsi Riau yang akan menyalurkan BLT-DD.

"Kalau Desa yang pertama di Provinsi Riau itu Desa Kepenghuluan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir," jelas dia.

Kemudian lanjut Darwis, pada Kamis (7/5/2020) terdapat tiga desa lainnya akan menyalurkan BLT-DD ke masyarakat yang berhak menerima.

"Diantaranya Desa Mekar Delima, Desa Kayu Ara dan Desa Mengkikip," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved