Pendapatan Daerah Diprediksi Berkurang, TAPD Kabupaten Inhu Lakukan Rasionalisasi Anggaran

Pemkab Inhu sudah menyiapkan anggaran Rp 5,2 Miliar untuk penanganan Coronavirus Disease ( Covid-19 ).

tribunpekanbaru.com / bynton simanungkalit
Kepala BPKAD Inhu, Ibrahim Alimin memberikan keterangan di media center gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Inhu, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Ibrahim Alimin mengatakan Pemkab Inhu sudah menyiapkan anggaran Rp 5,2 Miliar untuk penanganan Coronavirus Disease ( Covid-19 ).

Anggaran tersebut sudah dapat digunakan, meski sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Inhu belum mengajukan pengambilan dana tersebut.

Di samping itu, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tengah merancang rasionalisasi anggaran guna memenuhi kebutuhan anggaran penanganan Covid-19 dan juga penyesuaian antara pendapatan dan belanja daerah.

"Awalnya kita menganggarkan Rp 5,2 Miliar, dimana penggunaannya untuk pencegahan," kata Ibrahim, Selasa (6/5/2020).

Seperti yang disampaikannya ada lima tahapan dalam pencegahan, pertama promosi kesehatan seperti penyuluhan, kedua spesifik protection untuk memproteksi orang-orang yang rentan terpapar, ketiga early diagnosis, keempat disability limitation atau pembatasan kecacatan, dan kelima adalah rehabilitation atau rehabilitasi.

Beberapa penggunaan anggaran Rp 5,2 Miliar yang disampaikan Ibrahim, antara lain untuk pembelian peralatan medis, diantaranya alat rontgen portable, rapid test, alat pelindung diri, dan disinfektan.

"Jadi alat rapid test itu ada yang bantuan dari provinsi, ada juga yang dibeli oleh Dinas Kesehatan," kata Ibrahim.

Ibrahim berkata Dinkes Inhu dan RSUD Indrasari Rengat tengah melakukan pengadaan sejumlah alat-alat medis yang dibutuhkan.

Selain anggaran Rp 5,2 Miliar, Pemkab Inhu juga tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp 85 Miliar.

"Kita disuruh melakukan refocusing anggaran untuk Covid-19. Oleh karena itu, kita simulasikan seoalah-olah ada kasus," kata Ibrahim.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved