74,56 Persen Penduduk Kabupaten Siak Sudah Terdaftar di JKN -KIS

Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat di Kabupaten Siak mencapai 74,56 persen dari jumlah penduduk 427,795 jiwa

Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Jembatan Sultanah Latifah adalah salah satu ikon Kabupaten Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Siak mencapai 74,56 persen dari jumlah penduduk 427,795 jiwa.

Data ini disampaikan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin saat melakukan pertemuan bersama pemangku kepentingan utama program JKN melalui video conference ruang Bandar Siak Live Room Kantor Bupati.

"Kami juga menerima masukan dan saran untuk perbaikan data. Upaya ini dilakukan agar capaian kepesertan program JKN di Kabupaten Siak semakin hari meningkat," kata Jamaluddin, Kamis (7/5/2020).

Dijelaskannya, dari proses pencapaian UHC (Universal Health Coverage) per bulan April 2020, total jumlah penduduk Kabupaten Siak saat ini sebanyak 427,795 jiwa, yang sudah bergabung ke dalam program JKN-KIS persentasenya mencapai 74,56 persen.

"Berarti sudah ada 318,954 jiwa penduduk yang sudah bergabung di program JKN-KIS ini, dan sisanya sekitar 108,841 jiwa warga lagi yang belum masuk ke dalam program JKN-KIS," kata Jamal.

Jamaluddin mengatakan, kendala untuk program tersebut disebabkan Pemkab Siak tengah dihadapkan adanya kebijakan pemerintah terkait surat keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan tentang penyesuaian APBD Siak untuk penanganan Covid-19.

Isi dari keputusan itu adalah setiap pemerintah daerah diwajibkan menyesuaikan pengurangan anggaran pada belanja barang jasa sebesar 50 persen.

"Kalau tidak sesuai SKB yang 50 persen itu kami akan dikenakan sanksi, karena itu untuk tahun 2020 ini kami anggarkan BPJS Kesehatan sebesar 35 persen. Artinya tahun ini dapat berjalan selama delapan bulan mulai Januari hingga Agustus, sisanya nanti kita anggarkan melalui APBD perubahan," kata dia.

Meski begitu, Jamaluddin berharap dari forum kemitraan untuk mendukung perluasan rekrutmen peserta program BPJS Kesehatan di kabupaten Siak dapat terlaksana dengan cepat. ( Tribunpekanbaru.com / mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved