Siak

Penyelesaian Data Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Kampung di Siak Ditargetkan Tanggal 14 Mei

Kepala DPMK Siak Yurnalis menargetkan data penerima BLT dana kampung bakal selesai 14 mei 2020

Tribunpekanbaru.com / Mayonal Putra
Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri menyerahkan bantuan sembako ke warga kurang mampu di kampung Dayun, kecamatan Dayun, kabupaten Siak, Jumat (1/5/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Siak Yurnalis mengatakan, saat ini masing-masing pemerintahan kampung sedang menggesa percepatan pendataan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana kampung. Ia menargerkan pada 14 Mei 2020 mendatang data sudah selesai dan pembayaran dapat dilalukan kepada penerima.

"Target kita tanggal 14 Mei ini juga harapan Pak Bupati Alfedri. Karena nanti semakin lama data tidak selesai semakin lama pula dana dapat dicairkan, sementara pandemi Covid 19 terus memberikan dampak," kata dia, Kamis (7/5/2020).

Data yang sedang disusun masing-masing kampung ini bakal dibawa ke Muskamsus. Dalam minggu depan semua kampung sudah menggelar Muskamsus, sehingga data data dibersihkan.

Bupati Ajak 40 Perusahaan Berpartisipasi Aktif Memutus Mata Rantai Virus Corona di Siak

Akhir Pandemi Covid-19 Belum Jelas, Pemkab Siak Dorong Warga Tanam Tanaman Pangan untuk Jaga-jaga

"Ini sudah seminggu lalu mulai pendataan di kampung-kampung. Artinya kerjanya sekitar 2 minggu," kata dia.

Data penerima BLT dari masing-masing kampung cukup variatif. Sedikitnya dana BLT yang diambilkan dari dana kampung sebesar 35 persen.

"Berapa orang per desa tergantung keadaan desa. Penerima BLT ini merupakan warga yang belum menerima BLT kemensos, PKH serta bantuan pangan non tunai," kata dia.

Besaran BLT Dana kampung ini Rp 600 ribu per orang, selama 3 bulan. Kuota tertinggi sekitar Rp 34 milliar dan jumlah penerima paling tinggi 19.149 KK.

Pemkab Siak Tanggung 50 Ribu Jiwa untuk BPJS Kesehatan, Masih Ada Kuota Kosong untuk 14.252 Jiwa

TP PKK Siak Distribusikan 100 Paket Sembako Untuk Dhuafa di Koto Gasib dan Bungaraya

"Pola pembayarannya kita lakukan transfer ke rekening. Kita bekerja sama dengan Bank Riau Kepri, dan bagi yang belum punya rekening kami buatkan rekeningnya," kata dia.

Yurnalis juga menjamin tidak akan ada fee atas kerjasama ribuan orang penerima BLT dari Bank Riau Kepri. Ia menginginkan proses pendistribusian dana BLT akibat Covid 19 di kampung -kampung berjalan sukses dan tetap sasaran. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved