Tunawisma Terinfeksi Covid19

Satu Orang Dinyatakan Positif Saat Dilaksanakan Rapid Test Massal di Kecamatan Tualang Siak Riau

Satu orang dinyatakan ODP atau positif saat Pemkab Siak melaksanakan rapid tes massal di Gedung Olah Raga (GOR) Kecamatan Tualang, Kamis (7/5/2020)

istimewa
Dinas Kesehatan Siak melaksanakan rapid tes untuk ODP di kecamatan Tualang, Kamis (7/5/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak melaksanakan rapid tes massal di Gedung Olah Raga (GOR) Kecamatan Tualang, Kamis (7/5/2020). Wal hasil, 1 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dinyatakan positif.

Kepala Dinas Kesehatan Siak dr Raja Tonny Chandra mengatakan tingginya daftar ODP di Kecamatan Tualang mendesak Pemkab Siak harus melakukan rapid tes. Hal itu baru terselenggara pada Kamis ini di GOR Tualang.

Dia menjelaskan, 1 ODP yang hasilnya rapid testnya positif ini berinisial I (55). Mengetahui hasil rapid tes itu I langsung dirujuk ke RSUD Tengku Rafian Siak untuk dilakuan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ini baru rapid tes, semacam deteksi dini yang belum tentu positif Covid 19. Untuk tidak mengambil risiko, yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Tengku Rafian Siak serta akan menjalani isolasi dan pemeriksaan PCR," kata Tonny.

8 Pasien Covid-19 di Riau Berasal dari Kluster Santri Pesantren Magetan Jawa Timur

Dijelaskan Toni, rencananya rapid tes di Tualang ini akan diikuti 174 ODP, namun hanya 79 ODP yang datang. Bagi ODP yang belum hadir pada rapid tes itu diminta untuk datang ke Puskesmas Tualang.

"Minggu depan akan kita lakulan rapid tes ulang, karena pemeriksaannya dilakukan 2 kali," ujar Tonny.

Pemeriksaan Rapid tes di GOR Tualang itu juga dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri dan jajaran. Selama proses berlangsung tetap diberlakukan pshysical distancing dan memakai masker.

"Protokol keamanan Covid 19 tetap dilaksanakan selama proses berlangsung," kata dia.

Bupati Siak Alfedri ikut meninjau pelaksanaan rapid test Covid-19 yang digelar di GOR Tualang itu. Rapid Test atau tes cepat corona covid-19 merupakan pengujian yang bertujuan untuk mendeteksi dini kasus Covid-19 sehingga pemerintah bisa melakukan tindakan tepat untuk pengobatan serta pemutusan rantai penyebaran virus.

LAGI, Santri Asal Riau dari Magetan Positif Covid-19, Tuan MZ yang Kontak dengan Santri Pun Positif

"Rapid Test ini sangat penting dilakukan untuk melihat kondisi selanjutnya dari 174 ODP yang ada Tualang ini," kata Alfedri.

Alfedri menyebut akan melakukan uji Rapid test di kecamatan lain yang jumlah ODP banyak. Dengan pelaksanaan rapit test ini diharapkan ODP di kabupaten Siak jumlahnya semakin melandai dan menurun.

"Rapid test hari ini kita prioritas untuk kecamatan Tualang, karena di sini selain penduduknya padat, juga mobilisasi tinggi dan interaksi tinggi dengan daerah luar. Dengan adanya PSBB Kota pekanbaru dan PSBB daerah Sumatra Barat dan Medan menguntungkan buat kita karena orang di batasi untuk beriteraksi dan keluar," katanya.

BREAKING NEWS: Tunawisma di Pekanbaru Terinfeksi Virus Corona, Pasien Juga Derita Sakit Ginjal Akut

Ia menyebut, untuk tahap awal ini pihaknya sudah merencanakan 1.000 rapid tes untuk seluruh kabupaten Siak. Sedangkan yang sudah datang ke Kabupaten Siak baru sekitar 680 dan yang sudah dilaksanakan sebanyak 238, ditambah 178.(tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved