Karhutla di Riau

AWAS! Karhutla Ancam Riau Saat Puncak Wabah Virus Corona, 6 Daerah Ini Dinilai Sangat Rawan

Karhutla diprediksi mulai terjadi pada bulan Juni 2020. Beberapa kawasan di Indonesia dinilai rawan kasus Karhutla, di antaranya adalah Provinsi Riau

Istimewa
Pemadamam Karhutla di daerah Tasik Serai Bengkalis dilakukan tim gabungan, Jumat (17/1/2020) siang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) diprediksi akan semakin para bulan Juni 2020. Beberapa kawasan di Indonesia dinilai rawan kasus Karhutla, satu di antaranya adalah Provinsi Riau.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, ada sejumlah daerah yang akan mengalami kemarau lebih kering karena kondisi hujan di bawah normal pada musim kemarau 2020.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, kondisi yang relatif lebih kering itu terjadi di sebagian Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Karena kondisi tersebut, beberapa daerah di Pulau Sumatera, seperti Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Daerah rawan karhutla di wilayah Sumatera, yang relatif curah hujannya menengah sampai rendah itu dimulai dari Juni hingga September," kata Saepudin dalam konferensi pers online bersama BNPB, Jumat (8/5/2020).

Saepudin juga menyebutkan, daerah di Pulau Kalimantan yang rawan karhutla yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

"Untuk wilayah Kalimantan yang perlu diwaspadai antara kisaran Agustus dan September itu curah hujan menengah sampai rendahnya signifikan," kata dia.

Secara umum, ia menyatakan bahwa BMKG memprediksi puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus.

Dia menyebutkan, awan musim kemarau sudah mulai tampak sejak awal Mei.

Sementara itu, Hasil pantauan Badan Restorasi Gambut (BRG) selama April hingga Mei ini menemukan, tiga provinsi riskan mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Halaman
123
Editor: rinalsagita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved