Piala Dunia U 20

Pekan Ini FIFA Tentukan Venue Piala Dunia U-20, Bagaimana Nasib Stadion Utama Riau?

Federasi sepakbola dunia, FIFA merencanakan penentuan venue atau stadion yang akan digunakan, untuk Piala Dunia U-20 2021

Dokumentasi TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Stadion Utama Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Federasi sepakbola dunia, FIFA merencanakan penentuan venue atau stadion yang akan digunakan, untuk Piala Dunia U-20 2021 yang bakal digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang.

Penentuan stadion tersebut dijadwalkan dalam pekan ini (pekan kedua Mei). Ini berdasarkan hasil pertemuan perwakilan FIFA dengan PSSI secara online Jumat pekan kemarin.

Lalu, bagaimana dengan Stadion Utama Riau (SUR)?

Pada 13 Februari 2020 lalu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama rombongan sudah mengunjungi Stadion Utama Riau.

Stadion Utama Riau tersebut, menjadi kandidat arena pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 karena permintaan Pemprov Riau.

"Semoga SUR masuk daftar tuan rumah Piala Dunia U-20. Ini juga harapan Pak Gubernur dan masyarakat Riau secara umum," tegas Plt Kadispora Riau Chairul Rizki, Minggu (10/5/2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Keoptimisan Chairul Rizki juga karena beberapa item yang menjadi catatan PSSI, sudah dibenahi. Seperti halnya pembenahan fasilitas ruang ganti hingga bangku penonton.

Apalagi Ketua PSSI Mochamad Iriawan merasa puas dengan fasilitas yang dilihatnya saat berkunjung kemarin. "Makanya kita optimis, kan Pak Ketua PSSI sudah mengusulkannya juga ke FIFA. Ini membuat kita tambah yakin masuk daftar tuan rumah," katanya.

Sekadar diketahui, alasan PSSI Pusat mengusulkan SUR yang berkapasitas penonton 43.000 orang tersebut, karena fasilitas stadion tersebut dinilai sudah memadai.

SUR ini juga pernah digunakan di PON Riau tahun 2012. Stadion yang berlokasi di Jalan Naga Sakti Panam, Pekanbaru itu juga, dipakai sebagai lokasi pertandingan Grup E Kualifikasi Piala Asia U-22 AFC 2013 pada tahun 2012.

Sejatinya, Stadion Utama Riau tidak masuk dalam 10 calon stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang diajukan ke FIFA. Namun setelah dilihat langsung, maka PSSI langsung mengajukannya ke FIFA.

Untuk diketahui, 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena pertandingan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan, Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Piala Dunia U-20 ini sendiri dijadwalkan pada 24 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, pada rapat lanjutan PSSI dan FIFA Senin nanti (11/5/2020), bisa saja venue tersebut langsung ditentukan oleh FIFA.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved