Wabah Virus Corona

Tak Punya Dokumen Hasil Rapid Test Covid-19, Tiga Penumpang Pesawat Ini Batal Berangkat

Tiga penumpang yang batal itu hanya bisa melampirkan surat keterangan sehat tanpa dilengkapi dokumen hasil tes rapid atau swab Covid-19

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Suasana Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru terlihat sepi dari penumpang, Jumat (24/4/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Sejumlah penumpang pesawat udara batal berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Penyebabnya karena tidak memiliki dokumen hasil tes rapid atau swab Covid-19.

Tiga penumpang yang batal itu hanya bisa melampirkan surat keterangan sehat.

Sehingga ditolak oleh Satgas Covid-19 Bandara Internasional Minangkabau Sumatera Barat.

"Ada sejumlah penumpang batal berangkat dari BIM. Itu hasil pemeriksaan dokumen oleh petugas di Tim Satgas Covid-19 BIM,” kata Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang BIM, Yos Suwagiono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/5/2020).

Selain tiga penumpang tersebut, terdapat juga 35 calon penumpang yang telah mereservasi tiket malah tak hadir di bandara sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Kasus Positif Baru Meningkat Tajam, Dari 1.083 Warga Surabaya yang Tes Swab,109 Positif Covid-19

Rawan Tertular, 16 Tenaga Medis di Bengkulu Positif Corona, Langsung Dikarantina di RS M Yunus

Batuk-batuk,Dua Mahasiswa Riau Tunjukkan Gejala Covid-19 Saat Karantina,Langsung Ditetapkan Jadi PDP

"Jadi ada 38 calon penumpang yang batal berangkat. Tiga tidak lengkap dokumen dan 35 tidak hadir," jelas Yos. Selain itu, ada satu penumpang yang melakukan refund tiket.

Menurut Yos, proses selanjutnya maskapai memfasilitasi penumpang dengan reschdule tiket untuk memenuhi kriteria syarat pelaku perjalanan penerbangan atau refund.

Yos kembali mengingatkan calon penumpang agar melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan, serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri.

"Dokumen tidak boleh kurang oleh calon penumpang. Kalau kurang, petugas bertindak tegas," ujar Yos.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Punya Hasil Tes Corona, 3 Penumpang Pesawat Ini Batal Berangkat",

Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved