Breaking News:

Komit Kembangkan Inovasi Bahan dari Serat Alami, APRIL Jadi Perusahaan Percontohan

Asia Pacific Resources International Holdings (APRIL) menjadi 52 perusahaan dari berbagai negara yang menjadi Proyek Percontohan Alternatif

istimewa
Suasana pembagian kantong canvas kepada warga Riau Kompleks beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Asia Pacific Resources International Holdings (APRIL) menjadi 52 perusahaan dari berbagai negara yang menjadi Proyek Percontohan Alternatif untuk Plastik.

Sejak 1 April 2020 lalu APRIL telah menjadi satu di antara sejumlah perusahaan yang dijadikan proyek percontohan tersebut.

Gerakan ini diinisiasi oleh perusahaan riset asal Finlandia yakni VTT Technical Research Centre.

Seluruh perusahaan yang tergabung dalam gerakan ini berkomitmen untuk mengembangkan inovasi dalam memanfaatkan bahan yang berasal dari serat alami untuk menggantikan bahan plastik.

Wakil Presiden VTT, Jani Lehto, mengungkapkan bahwa proyek ini bertujuan menciptakan perspektif baru bahwa serat berbasis bahan alami akan menghasilkan produk yang dapat didaur ulang dan tidak mencemari lingkungan.

Target pengembangan dalam proyek percontohan ini adalah untuk menggantikan plastik dengan mengembangkan produk yang berasal dari serat alami untuk kemasan makanan, penyaringan, tekstil serta bahan penyeka, kebersihan dan konstruksi.

Tantangan utama dalam proyek bersama ini adalah dalam memilih bahan baku alami dan bentuk produksi yang paling tepat. Selain itu, tantangan lainnya adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pengukuran hasil yang diperoleh pada skala laboratorium ke skala produksi secara komersial. Rencananya, proyek ini akan berakhir pada 31 Maret 2023.

Grup APRIL sendiri menjadi salah satu proyek percontohan selama tiga tahun.

Awal mula kampanye anti-plastik di Pangkalan Kerinci dimulai dari kebijakan hotel.

Dengan total sampah plastik terbuang sebanyak 400 kg setiap bulannya, pihak manajemen hotel menghentikan penyediaan botol plastik dalam setiap kamar.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved