Piala Dunia U 20

Bola Lokal: Stadion Utama Riau Tak Masuk Usulan ke FIFA, Pemprov Riau Berharap Ada Usulan Tambahan

Plt Kepala Dispora Riau Chairul Rizki, Rabu (13/5/2020) mengatakan, bahwa Riau tetap berharap ada tambahan usulan PSSI ke FIFA.

TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Stadion Utama Riau. Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menpora Zainudin Amali mengaku, bahwa Stadion Utama Riau, tidak masuk dalam usulan PSSI ke FIFA, sebagai salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20, yang berlangsung di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Dikatakannya, sesuai surat FIFA memang hanya 6 stadion yang akan dipilih sebagai tempat helat Piala Dunia U-20 tersebut.

6 kandidat yang memungkinkan dipilih ini juga sudah dirilis Kemenpora RI pada 23 Januari 2020 lalu.

6 stadion tersebut masing-masing Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

"Ini juga sesuai dengan proposal awal. Tapi kalau ada tambahan usulan dari PSSI, maka tinggal menunggu respon FIFA saja. Apakah usulan tambahan itu diakomodir atau tidak kami belum tahu," kata Menpora kemarin.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala Dispora Riau Chairul Rizki, Rabu (13/5/2020) mengatakan, bahwa Riau tetap berharap ada tambahan usulan PSSI ke FIFA.

Sebab, masyarakat Riau sudah terlalu berharap, agar Piala Dunia U-20 digelar di Kota Pekanbaru, Riau.

"Kami pikir tidak ada kekurangan lagi. Bahkan, kami juga sudah lakukan pembenahan. Tinggal lagi, kalau resmi ditetapkan jadi tuan rumah, maka pembenahan secara finishing kami lakukan," tegas Rizki kepada Tribunpekanbaru.com.

Di waktu yang tersisa ini, atas nama Pemprov Riau dan masyarakat Lancang Kuning, mengharapkan agar pemerintah pusat dan PSSI kembali mengusulkan ke FIFA, sebelum dilakukan penetapan venue.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali Selasa (12/5/2020) lalu menegaskan, bahwa pihaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada PSSI.

Pemerintah hanya fokus pada stadion-stadion yang akan direnovasi.

Pada 13 Februari 2020 lalu, PSSI sudah meninjau Stadion Utama Riau ke Pekanbaru.

Makanya muncul pernyataan bahwa PSSI mendaftarkan 11 stadion sebagai calon venue piala dunia U-20.

Namun hanya 6 stadion ternyata yang diusulkan. Alasannya, karena jarak tempuhnya dekat, dan tidak lebih dari satu jam. Tapi apapun itu, pemerintah pusat masih memberi angin segar ke Pemprov Riau.

Bahwa pemilihan dan penetapan venue Piala Dunia U-20 nanti, tetap di tangan FIFA, sebagai federasi sepakbola dunia.

"Untuk diketahui, bahwa yang komunikasi langsung dengan FIFA adalah PSSI. Pemerintah menunggu keputusan finalnya, selanjutnya dilakukan renovasi (stadion). Mudah-mudahan Stadion Utama Riau masuk,” harapnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi). 

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved