Cari Sampingan Selama Pandemi Covid-19, 7 Orang Jatuh Dari Pohon Kelapa Dalam Kurun Waktu 10 Hari

4 tewas dan 3 luka berat setelajatuh dari ketinggian 10-15 meter pohon kelapa dalam beberapa hari belakangan di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo

kompas.com
Ilustrasi memanjat pohon kelapa 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Pekerjaan menderes atau menyadap nira kelapa berisiko sangat tinggi. Tujuh orang jatuh dari ketinggian 10-15 meter pohon kelapa dalam beberapa hari belakangan di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Empat orang di antaranya meninggal dunia. Tiga orang luka berat.

"Ketujuh orang itu berada di wilayah Kokap saja. Risiko penderes itu tinggi aplagi di musim (hujan) seperti ini," kata Koordinaor Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kokap, Taufik di kantor Dinas Sosial Kulon Progo, Rabu (13/5/2020).

TKSK salah satu kepanjangan tangan Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Kulon Progo. Insiden itu terjadi di beberapa desa, seperti Hargotirto, Hargorejo, Hargowilis, hingga di Kalirejo. Mereka berusia antara 40-50 tahun.

Catut Nama Kapolsek dan Danramil, Ormas ini Minta THR ke Warga di Trengah Pandemi, Videonya Viral

Sudahlah Jadi Korban Pemerkosaan dan Perampokan, 2 Gadis Ini Bakal Tetap Diproses Polisi, Kok Bisa?

"Empat penderes meninggal dunia karena jatuh antara tanggal 30 April - 9 Mei 2020. Terakhir tanggal 11 Mei kemarin juga ada yang cacat berat kareba jatuh di Tangkisan I. Dua lainnya di tanggal 9 dan 20 April yang baru masuk laporannya," kata Taufik.

Pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) berdampak pada semua aktivitas warga, termasuk di kehidupan keluarga penderes.

Taufik menceritakan, warga di pedesaan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ditopang banyak aktivitas, seperti buruh bangunan dan buruh lainnya.

Kehidupan mereka juga didukung usaha mandiri membuat gula kelapa yang diperoleh dari pohon kelapa di kebun sendiri maupun orang lain.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jatuh dari Pohon Kelapa, Empat Penderes Nira Tewas, 3 Luka Berat",

Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved