Update Virus Corona di Riau

SEKDAKO Dumai : PSBB di Dumai Bakal Habiskan Rp 300 Miliar, Penerapan PSBB di Dumai Mulai Hari Senin

Anggaran yang diperlukan untuk pemberlakuan penenanganan covid-19 di Kota Dumai, diperkirakan sebesar Rp 300 miliar ‎sesuai arahan pemerintah pusat

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
SEKDAKO Dumai : PSBB di Dumai Bakal Habiskan Rp 300 Miliar, Penerapan PSBB di Dumai Mulai Hari Senin 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai mengaku minim anggaran untuk pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Dumai, anggaran yang diperlukan untuk pemberlakuan penenanganan covid-19 di Kota Dumai, diperkirakan sebesar Rp 300 miliar ‎sesuai arahan pemerintah pusat.

Namun, kondisi keuangan Pemko Dumai hanya mampu menyediakan anggaran sebesar Rp 200 Miliar, hal itu disampaikan Sekda Dumai Herdi Salioso usai memimpin rapat persiapan pemberlakuan PSBB di gedung Pendopo Jalan putri tujuh Kota Dumai, Kamis (14/5/2020).

Herdi menjelaskan, pihaknya sudah maksimal melaksanakan realokasi anggaran dan refocusing kegiatan di setiap OPD dilingkungan Pemko Dumai untuk penanganan Covid-19.

"Walaupun minim anggaran, kita siap memberlakukan PSBB di Kota Dumai, sekarang tinggal menunggu petunjuk dari Bapak Gubernur Riau, hari ini juga ada telekonferensi dengan Bapak Gubernur," katanya.

Menurutnya, anggaran yang diperlukan untuk pemberlakuan PSBB dan penanganan covid-19 di Kota Dumai, diperkirakan sebesar Rp 300 miliar.

Namun, kondisi keuangan Pemko Dumai hanya mampu menyediakan anggaran sebesar Rp 200 Miliar, ‎tahap pertama dana yang sudah di cairkan sebesar Rp. 26 Miliar.

Anggaran tersebut, lanjut Sekda, diprioritaskan untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

"Sebelum PSBB dilaksanakan, harus sudah ada kesiapan seperti, jaringan pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan harus sudah diserahkan sebelum atau saat awal pelaksanaan PSBB diterapkan," imbuhnya

Dirinya mengaku, ntuk jaringan pengaman sosial non DTKS saat ini pihaknya masih mengharapkan bantuan dari provinsi, dimana pemerintah provinsi akan membantu Rp 300 ribu rupiah per KK, sedangkan anggaran dari APBD Dumai Rp 300 ribu rupiah per KK yang akan disalurkan dalam bentuk bantuan sembako, untuk tahap pertama.

"Kita berharap penerapan PSBB tidak akan berlangsung lama mengingat kondisi anggaran Pemerintah Kota Dumai yang sangat minim, dan kami sanga berharap Pemprov bisa segera mentrasfer dana unutuk bantuan jaring pengaman sosial," Pungkasnya.

Halaman
1234
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved