Breaking News:

Ini Petunjuk MUI Untuk Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Riau Saat Pandemi Covid-19

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, Sholat Idul Fitri untuk warga yang berada zona merah dan kuning diminta dilaksanakan di rumah saja atau diganti Dhuha

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/ Doddy Vladimir
Ribuan Umat Muslim memadati halaman Mesjid Raya Agung Annur Provinsi Riau di Pekanbaru Jumat (15/6) untuk menjalani Sholat Idul Fitri 1439 H. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau Nazir Karim mengatakan, pihaknya melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk menyampaikan petunjuk pelaksanaan sholat Idul Fitri yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini ditengah pandemi wabah Covid-19.

Dalam pertemuan itu, MUI menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau terkait saran dari MUI dalam pelaksanaan solat idul Fitri, di Riau, dimana sudah ada petunjuk dari MUI pusat.

Di antara yang mesti diperhatikan adalah meminta untuk tidak melaksanakan sholat Idul Fitri bagi daerah yang masuk dalam zona merah dan kuning.

Sedangkan untuk daerah yang sudah diyakini masuk dalam zona hijau maka dipersilahkan menjalankan solat idul Fitri di lapangan di Mesjid dan Mushalla.

Wabah Corona Meluas, Gubri Minta Umat Muslim Riau Laksanakan Shalat Idul Fitri di Rumah Patuhi MUI

"Untuk daerah yang saat ini pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dibolehkan juga bagi sebagian daerah yang dianggap berada di zona hijau menjalankan solat idul Fitri,"ujar Nazir Karim.

Nazir Karim memberikan contoh di Pekanbaru, ada satu kawasan atau perumahan yang sampai saat ini masih aman dan penduduknya juga merasa aman karena sudah membatasi akses selama ini dengan luar, maka dibolehkan melaksanakan solat ied.

Begitu juga kata Nazir Karim untuk daerah Pedesaan di Riau dan sebagian daerah-daerah yang masih aman di wilayah PSBB.

"Hanya saja tetap bila melaksanakan solat di lapangan, mesjid dan Musalla, patuhi pada protokol yang ditetapkan, bawa sajadah, jaga jarak dan sediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer,"jelas Nazir Karim.

Fatwa MUI Terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2020 di Tengah Pandemi Virus Corona, Boleh Asalkan!

Sholat Idul Fitri Boleh di Rumah, Ini Fatwa MUI Panduan Kaifiat Takbir & Shalat Id Saat Pandemi

Nantinya kata Nazir Karim, pemerintah Kabupaten dan Kota akan melakukan kordinasi dengan MUI untuk pelaksanaan teknis solat idul Fitri di daerah yang ditetapkan bisa menjalankan tersebut.

Sedangkan bagi masyarakat yang wilayahnya masuk dalam zona merah, seperti Dumai dan Kecamatan Tampan, misalnya menurut Nazir Karim lebih baik sholatnya di rumah saja diganti dengan sholat Dhuha.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved