Pelalawan

12.605 Warga Pelalawan Riau Diusulkan Penerima BLT Covid-19 Kemensos, Tersalurkan Masih Segini

Hingga pekan ini dari 12.605 warga Pelalawan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai Covid-19 dari Kemensos baru 2.858 yang telah menerimanya.

TRIBUN PEKANBARU / THEO RIZKY
Sejumlah warga mendatangi Kantor Pos Jalan Sudirman Pekanbaru untuk mengambil Bantuan Sosial Tunai Tahun 2020 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pelalawan Riau mengusulkan 12.605 warga sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Data yang diberikan Dinsos ke Kemensos merupakan warga yang terdampak pandemi corona untuk mendapatkan bantuan. Para penerima BLT merupakan diluar peserta Program Keluarg Harapan (PKH) dan penerima bantuan nontunai atau sembako. Setelah datanya dikirimkan dua pekan lalu, penyaluran mulai dilakukan setelah veryfikasi.

"Sampai sekarang sudah disalurkan sebanyak 2.858 penerima dari 12.605 yang kita usulkan," terang Kepala Dinsos Pelalawan, Tengku Mukhtaruddin, kepada tribunpekanbaru.com Senin (18/5/2020).

Dana BLT Rp 600 Ribu dari Jokowi Dipotong, Warga Cuma Dapat Rp 150 Ribu, Polisi: Lagi Kami Selidiki

Datangi Kantor Desa, 3 Ibu Ini Kembalikan BLT dari Kemensos, Ini Harapan Mereka

Kecewa Tak Terima BLT, Ibu Rumah Tangga Ini Pukul Kepala Dusun dan Anaknya

Tengku Muhkatruddin menjelaskan, proses pencairan dan penyaluran BTL Covid-19 itu merupakan kewenangan Kemensos berdasarkan data yang diusulkan.

Setelah dinilai layak menerima dan tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya, barulah dibayarkan.

Pencairan melalui dua cara yakni dikirimkan langsung ke rekening penerima dan dikirim melalui kantor pos setempat.

Ia mengakui tidak ada kendala dalam penyaluran, hanya saja butuh waktu lama lantaran serentak di seluruh Indonesia dengan jumlah yang banyak.

Setiap penerima manfaat akan mendapatkan uang Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan kedepan.

"Kalau harapan kita bisa segera tuntas. Tapi prosesnya tergantung pusat. Mudah-mudahan secepatnya disalurkan," tandas mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan ini. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved