Virus Corona di Riau

144 ODP di Riau Positif Berdasarkan Hasil Rapid Test, Langsung Ditetapkan Sebagai PDP Covid-19

Seluruh ODP yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test tersebut langsung ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan diisolasi

TRIBUN PEKANBARU / FERNANDO SIKUMBANG
144 ODP di Riau Positif Berdasarkan Hasil Rapid Test, Langsung Ditetapkan Sebagai PDP Covid-19. Foto: Warga menjalani rapid test. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 144 Orang Dalam Pemantuan (ODP) dan Orang Tanpa Gelaja (OTG) Covid-19 di Riau positif berdasarkan hasil rapid test.

Ratusan ODP dan OTG yang hasil rapid testnya reaktif ini tersebar dibeberapa Kabupaten/Kota yang ada di Riau.

Diantaranya di Indragiri Hilir (Inhil) terdapat sebanyak 55 orang, Dumai 44 orang, Pekanbaru 11 orang, Pelalawan 8 orang, Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis masing-masing 6 orang, Kepulauan Meranti 4 orang, Siak 3 orang, Indragiri Hulu (Inhu), Kampar dan Kuansing masing-masing 2 orag dan Rokan Hulu (Rohul) 1 Orang.

Seluruh ODP yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test tersebut langsung ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan diisolasi di rumah sakit.

Selanjutnya ODP yang hasil rapid testnya positif tersebut diambil sampel swabnnya untuk diuji dengan menggunakan PCR.

"Untuk membuktikan hasil rapid test itu harus dilakukan swab PCR, kalau hasilnya positif maka langsung dilakukan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (18/5/2020).

Mimi mengatakan bahwa pihaknya sudah mendistribusikan sebanyak 11.760 rapid test ke-12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

"Dari pemeriksaan teman-teman yang ada di Kabupaten/Kota yang sudah dilaksanakan sebanyak 10.278 pemeriksaan rapid test di 12 Kabupaten/Kota," kata Mimi.

"Sampai sekarang proses pelaksanaan rapid test di beberapa daerah masih berjalan," katanya.

Sementara Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Cabang Provinsi Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes, mengatakan, penyebaran Covid-19 seperti gunung es.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved