Breaking News:

Pekan Life

Ganggu Masyarakat Jika Siswa Yang Lulus Gelar Konvoi Sepeda Motor dan Bakal Ada Sanksi Yang Tegas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengingatkan agar orangtua mencegah anak mereka menggelar konvoi sepeda motor saat kelulusan

Penulis: Fernando | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgio
Ilustrasi corat-coret baju dan konvoi siswa 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Pengumuman kelulusan peserta didik tingkat SMP di Kota Pekanbaru bakal berlangsung pada 5 Juni 2020 mendatang. Ada rencana pengumuman secara online.

"Kebijakan ini agar para peserta didik tidak berkumpul di sekolah sekaligus," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal kepada Tribun, Senin (18/5/2020).

Jamal juga mengingatkan agar orangtua bisa mencegah peserta didik menggelar konvoi sepeda motor saat kelulusan. Ia menyebut aksi itu mengganggu masyarakat

"Kita ingatkan agar tidak menggelar konvoi, kalau kedapatan bakal kita beri tindakan tegas," jelasnya.

Jamal menyebut penentu kelulusan yakni nilai rata-rata peserta didik selama lima semester. Kebijakan ini bagi sekolah yang tidak bisa menggelar ujian.

Rayakan Kelulusan dengan Aksi Vulgar hingga Viral di Medsos, Siswa SMA di Riau Dijatuhi Sanksi Adat

Gunakan Pakaian Serba Putih, HJ Siswi SMA di Riau yang Lakukan Aksi Vulgar Saat Kelulusan Minta Maaf

Mereka tidak bisa mengumpulkan peserta didik sekaligus untuk menggelar ujian sekolah. Kondisi tersebut sebagai dampak pandemi covid-19.

Para peserta didik pun sudah belajar di rumah sejak 16 Maret 2020 lalu. "Kita sudah serahkan petunjuk ke sekolah untuk penentu kelulusan peserta didik," paparnya.

Kebijakan menggunakan nilai lima semester terakhir bagi sekolah yang belum atau tidak melaksanakan ujian sekolah. Sedangkan ketentuan tentang ijazah menunggu ketentuan yang diatur pemerintah pusat.

"Jadi untuk SMP, nantinya menggunakan rata-rata nilak semester I hingga VI, bila ijazah cuma menggunakan satu nilai," paparnya.

Jamal menyebut bahwa ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk penilaian harian, porto folio nilai rapor dan presentasi yang diperoleh sebelumnya. Bisa juga lewat ujian online dan bentuk asesment jarak jauh.

PENGUMUMAN Kelulusan Siswa SMP di Pekanbaru

Kelulusan SMP Sederajat Diumumkan 5 Juni, Disdik Pelalawan Susun Nilai Ijazah Sesuai SE Kemendikbud

"Nantinya hasil yang diperoleh diakumulasi dalam bentuk rata-rata dan dijadikan nilai semester dua pada kelas VII dan nilai semester empat untuk kelas VIII," jelasnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved