Pelaksanaan PSBB di Riau

PSBB Dumai Dimulai Hari Ini, Begini Penjelasan Terkait Aturan dan Saksinya

sanksi hukum merupakan langkah terakhir jika pelanggar benar-benar melanggar berkali-kali dan membahayakan orang banyak.

TRIBUN PEKANBARU / DONNY Kusuma Putra
Walikota Dumai, Zulkifli As memimpin apel konsolidasi Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB), Sabtu (16/5/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Pembatasan Sosial Berskala Bedar (PSBB) diterapkan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Corona virus (Covid-19).

Hari ini, Senin 18 Mei 2020 hingga 31 Mei 2020 mendatang, akan dilaksanakan pemberlakuan PSBB di Dumai.

Sebelum dilakukan PSBB, Pemko Dumai telah gencar melaksanakan sosialisasi, kepada masyarakat dan perusahaan -perusahaan di kota Dumai.

Walikota Dumai, Zulkifli As mengatakan, pelaksanaan PSBB sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 34 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB Dalam Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Dumai.

"Kami berharap semua pihak bisa mendukung PSBB untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di Dumai," Katanya, Senin (18/5/2020).

Ia menjelaskan, ada pembatasan aktifitas selama PSBB, sesuai Perwako Nomor 34 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB Dalam Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Dumai, pembatasan jam aktifitas masyarakat mulai pukul 21.00 sampai pukul 05.00 WIB.

Ditambahkan, semua masyarakat dilarang beraktivitas dan berada diluar rumah kecuali pekerja Formal yang bertugas malam hari (dibuktikan dengan surat tugas dari institusi), Pelaku usaha atau petugas SPBU, Klinik, Apotek, dan Keperluan yang sifatnya mendesak seperti sakit untuk berobat, pada pukul 21.00 hingga jam 05.00 WIB.

Selanjutnya, Penghentian pelaksanaan kegiatan di sekolah, semua aktifitas belajar dan mengajar di hentikan, aktifitas belajar dilakukan dengan metode daring atau online, termasuk keperluan administrasi.

Kebijakan umum pada saat PSBB, terangnya, masyarakat wajib mengenakan masker diluar rumah, melakukan prilaku hidup bersih dan sehat, terutama melaksanakan cuci tangan dengan air dan sabun.

Kemudian, menjaga jarak lebih 1 meter, tidak Berkumpul Lebih dari 5 Orang diluar rumah, dan seluruh pergerakan orang dan barang dihentikan sementara kecuali untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan hal lain yang diperbolehkan dalam PSBB.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved