Inhu

Beberapa Hari Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Inhu Mengalami Kenaikan

Harga bawang merah di Inhu mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu namun gula pasir yang semula dijual Rp 17 ribu per kilogram menjadi Rp 15 kilogram

TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Pedagang sedang menata bawang merah di Pasar Agus Salim, Pekanbaru, Kamis (30/4/2020). Harga bawang merah di pasaran Kota Pekanbaru mengalami kenaikan, harga bawang merah saat ini mencapai Rp 50 ribu perkilogram. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali melakukan survey harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, harga bawang merah kembali mengalami kenaikan.

Selain bawang merah, harga kacang hijau dan kacang tanah, dan ayam kampung juga turut mengalami kenaikan. Sementara itu harga minyak goreng curah dan gula pasir justru mengalami penurunan.

Kepala Disperindag Inhu, Hikmat Praja melalui Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan di Disperindag Inhu, Ari Prasetio Sunarto menjelaskan bahwa harga bawang merah di Inhu mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu dibandingkan survey terakhir yang digelar Jumat pekan lalu.

"Berdasarkan survey yang kita lakukan hari ini, harga bawang merah mengalami kenaikan Rp 2 ribu dari harga Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 52 ribu per kilogram," ujar pria yang akrab disapa Aris itu, Selasa (19/5/2020).

Apresiasi Bupati Inhu Yopi Arianto untuk Jasa-jasa Petugas Kebersihan Bagi Pembagunan Inhu

Harga Bawang Merah Melonjak di Inhu Riau, Hasil Survei Disperindag Daya Beli Masyarakat Melemah

Kemudian kacang tanah dan kacang hijau juga turut mengalami kenaikan.

Harga kacang hijau di Inhu mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

Sementara harga kacang tanah di Inhu juga ikut naik dari harga Rp 27 ribu per kilogram menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Harga ayam kampung juga ikut mengalami kenaikan dari yang semula Rp 45 ribu per kilogram utuh menjadi Rp 50 ribu per kilogram utuh.

Disaat sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, harga gula pasir dan minyak goreng curah justru mengalami penurunan.

Untuk gula pasir yang semula dijual Rp 17 ribu per kilogram menjadi Rp 15 kilogram.

Begitu juga dengan harga minyak goreng curah yang sebelumnya dijual Rp 13 per liter ribu menjadi Rp 11.500 per liter.

Gugus Tugas Covid-19 Inhu Menerima Sumbangan BRK Cabang Air Molek untuk Disalurkan ke Masyarakat

Pengangguran di Inhu Tolak BLT Kemensos, Uang BLT Dibelikan Sembako dan Dibagikan ke Tetangga

Aris menjelaskan berdasarkan survey tersebut, stok bahan pokok di Inhu masih dalam level aman dan cukup hingga selesai hari raya Idul Fitri.

"Kita akan terus melakukan pemantauan guna menjamin ketersediaan stok bahan pangan," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved