Breaking News:

PSBB di Riau

PSBB di Pelalawan Masih Tahap Sosialisasi Tiga Hari ke Depan, Penerapan Sanksi Usai Lebaran

Namun Pemkab Pelalawan memperpanjang tahap sosialisasi PSBB selam tiga hari lagi, yang awalnya tujuh menjadi 10 hari dari 14 hari yang ditetapkan.

Penulis: johanes | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
PSBB di Pelalawan Masih Tahap Sosialisasi Tiga Hari ke Depan, Penerapan Sanksi Usai Lebaran 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Pelalawan Riau telah berlangsung selama lima hari sejak ditetapkan Menteri Kesehatan (Menkes) pekan lalu.

Awalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menjadwalkan tahap sosialisasi PSBB selama tujuh hari.

Agar masyarakat memahami batasan-batasan yang diatur dalam PSBB.

Disamping itu petugas juga mempunyai waktu dalam memberikan pemberitahuan dan sosialisasi terhadap warga.

Namun Pemkab Pelalawan memperpanjang tahap sosialisasi PSBB selam tiga hari lagi, yang awalnya tujuh menjadi 10 hari dari 14 hari yang ditetapkan.

Perpanjangan sosialisasi ini untuk memudahkan pelaksanaan PSBB secara murni berikut dengan pemberian sanksi terhadap pelanggarnya.

"Kita minta perpanjangan tahap sosialisasi tiga hari. Jadi PSBB murni efektif usai Lebaran pada tanggal 25 Mei mendatang," tutur Bupati Pelalawan, HM Harris, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (19/5/2020).

Bupati Harris menyatakan, perpanjangan masa sosialisasi PSBB itu telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Hal itu juga sudah disampaikan dalam rapat terbatas Gugus Tugas Percepatan Pananganan (GTPP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Harris menyebutkan, pemda tengah menyusun Peraturan Bupati (Perbup) tentang PSBB di Pelalawan sebagai turunan dari Peraturan Gubernur (Pergub) yang diterbitkan Gubernur Riau (Gubri).

Untuk mengatur hal-hal yang spesifik dalam keseharian masyarakat selama PSBB, termasuk sanksi yang akan diberikan.

"Nanti jika sudah berlaku sanksinya, tidak ada lagi sosialisasi bagi pelanggar," tandasnya.

Harris mempertimbangkan kondisi masyarakat yang akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri sebagai dasar memperpanjang tenggat sosialisasi PSBB.

Ia juga sudah meminta masukan dari berbabagai pihak terkait perpanjangan ini seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur Forkopimda, serta paguyupan sosial.

PSBB di Pelalawan - Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved