Harga TBS Pekan Ini

Rincian HARGA TBS Kelapa Sawit di Riau Pekan Ini, Turun 0,10 Persen Panen Jelang Lebaran

Atas penurunan itu harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.401,53 per Kilogram (Kg). Turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh faktor internal

Istimewa
Rincian HARGA TBS Kelapa Sawit di Riau Pekan Ini, Turun 0,10 Persen Panen Jelang Lebaran. Foto : Ilustrasi TBS Kepala Sawit 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pekan ini harga Tanda Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Riau kembali turun disemua kelompok umur.

Namun penurunannya tidak terlalu besar, karena terjadinya penurunan jumlah kasus infeksi virus corona di dunia.

Penurunan tertinggi periode 20 - 26 Mei ini dialami kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 1,43 per kilogramnya.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi mengatakan penurunan untuk kelompok umur 10-20 tahun itu hanya sekitar 0,10 persen dari pekan lalu.

"Atas penurunan itu harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.401,53 per Kilogram (Kg). Turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal," ujar Defris Hatmaja kepada Tribun, Selasa (19/5).

Untuk Faktor internal turunnya harga TBS periode ini jelas Defris, disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Rincian HARGA TBS Kelapa Sawit di Riau Pekan Ini, Turun 0,10 Persen Panen Jelang Lebaran. Foto: Para petani sedang menimbang tandan buah segar (TBS) kelapa sawit
Rincian HARGA TBS Kelapa Sawit di Riau Pekan Ini, Turun 0,10 Persen Panen Jelang Lebaran. Foto: Para petani sedang menimbang tandan buah segar (TBS) kelapa sawit (Tribunpekanbaru.com/Theo Rizky)

Penurunan yang cukup dalam terjadi pada harga jual CPO dari Sinarmas Grup yang mencapai Rp 105,00 yang mengakibatkan harga sedikit terkoreksi.

Sedangkan, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 60,60/Kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 105,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 37,00/Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 4,64/Kg dari harga minggu lalu.

"Sementara itu untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 31,82/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 92,00/Kg dari harga minggu lalu,".

Selanjutnya dari faktor eksternal tambah Defris, penurunan harga CPO yang tidak terlalu besar ini dipengaruhi mulai banyaknya negara-negara yang melonggarkan pembatasannya seiring dengan penurunan jumlah kasus infeksi virus corona. Hal ini mengakibatkan permintaan dunia mulai membaik.

"Selain itu kenaikan harga minyak bumi juga ikut mendorong harga CPO sehingga penurunan yang terjadi minggu ini sangat kecil dengan tren yang menguat kedepannya," ungkap Defris. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved