Siak

Untuk Satu Bulan ke Depan, Stok Beras Cukup dan Stok Bawang Merah Kurang di Kabupaten Siak

Stok kebutuhan pokok di kabupaten Siak masih terbilang cukup untuk 1 bulan ke depan. Stok beras tersedia sebanyak 1.182 ton

TribunPekanbaru/TheoRizky
Ilustrasi barang-barang kebutuhan pokok di pasar di Kota Pekanbaru kini mulai mengalami kenaikan 

TRIBUNEPEKANBARU.COM, SIAK - Stok kebutuhan pokok di kabupaten Siak masih terbilang cukup untuk 1 bulan ke depan. Stok beras tersedia sebanyak 1.182 ton sedangkan kekurangan terjadi pada kebutuhan bawang merah sebanyak 2,12 ton.

"Akibat kekurangan stok bawang merah, kita butuh suplay sebanyak 2,12 ton dari luar. Ini membuat harga bawang merah di pasar menjadi naik," kata Pj Sekdakab Siak, Jamaluddin, Selasa (19/5/2020).

Jamaluddin menyebut pihaknya juga sudah memberikan laporan terkait kebutuhan pangan di Siak kepada Gubernur Riau Syamsuar melalui video conference High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau tahun 2020.

"Namun demikian, pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok untuk menghadapi lebaran Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada hari Minggu mendatang," kata Jamal.

Selama PSBB di Siak, Aktivitas Masyarakat Dibatasi Sampai Pukul 20.00 WIB

Bupati Siak Layangkan Surat Edaran Ke Perusahaan-perusahaan di Siak Agar Membayar THR Pekerja

Ia menjelaskan, stok beras sebanyak 1.182 ton merupakan ketersediaan untuk 1 bulan kedepan. Karena itu harga beras di pasaran stabil, berkisar Rp 12,600 per Kg.

Ia mengatakan, di tengah pandemi virus Corona Pemerintah diminta menjaga ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat. Apalagi menjelang lebaran Idul Fitri 1441 H /2020. Terjaminnya ketersediaan hingga saat ini bukan karena tidak ada kendala.

"Kota butuh suplai bawang merah mencapai 2,12 ton. Ini yang harus kita penuhi. Akibatnya harga bawang merah mengalami kenaikan, yang biasanya Rp 35 ribu per Kg saat ini naik hingga Rp 55-60 ribu per Kg," kata dia.

Ia juga memberikan solusi agar ketersediaan itu dapat terpenuhi di masa mendatang. Pemkab Siak mendorong para petani untuk menanam lebih awal.

"Sekarang sudah musim hujan saat ini padi sudah tertanam seluas 4,037 H dengan perkiraan panen antara bulan Juli dan Agustus yang diperkirakan produksinya mencapai 23.520 ton," kata Jamal.

Hari Pertama PSBB, Pemkab Siak Langsung Distribusikan Sembako Kepada 16.850 KK

Tahun Ini Kabupaten Siak Tidak Terapkan PPDB Online, Ini Alasannya

Alasannya, karena panen padi di Bungaraya mencapai 4-6 ton per hektar. Sedangkan musim tanam di Kabupaten Siak sebanyak 2 kali...

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved