Citizen Report

Perawat di Riau Audiensi dengan Dinas Kesehatan Pekanbaru Terkait Pencegahan Wabah Covid-19

PSBB pertama Kali diterapkan di Kota Pekanbaru sejak tanggal 17 April 2020 dan berikutnya diterapkan di kota Dumai, Kab. Kampar, Kab. Bengkalis

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Perawat di Riau Audiensi dengan Dinas Kesehatan Pekanbaru Terkait Pencegahan Wabah Covid-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZENJOURNALISM - Perawat yang tergabung dalam Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) Provinsi Riau pada hari Senin, 18 Mei 2020 melakukan audiensi dengan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin di kantor Dinkes Kota Pekanbaru.

Ketua IPKKI, Dr. Reni Zulfitri., M.Kep., Sp.Kom  beserta pengurus IPKKI lainnya berdiskusi dengan Kepala Dinkes dan jajarannya tentang kegiatan IPKKI Peduli Covid 19 di bulan ini.

Ketua IPKKI Provinsi Riau mengatakan bahwa hingga saat ini angka covid 19 terus bertambah di Provinsi Riau meski sudah diterapkan PSBB di beberapa Kota dan Kabupaten.

PSBB pertama Kali diterapkan di Kota Pekanbaru  sejak tanggal 17 April 2020 dan berikutnya diterapkan di kota Dumai, Kab. Kampar, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, dan Pelalawan.

Terhitung Tanggal 18 Mei 2020, total penderita Covid 19 di Riau  sebanyak 101 kasus dengan kasus baru sebanyak 2 orang.

Kondisi yang mengkhawatirkan adalah sampai saat ini masih banyaknya  masyarakat yang belum menerapkan Physical distancing dan tindakan pencegahan COVID 19.

Apalagi menjelang lebaran saat ini, dimana masyarakat Kota Pekanbaru mulai memadati pasar, pusat-pusat  perbelanjaan, dan pusat keramaian lainnya tanpa menggunakan masker.

Kondisi ini sangat berrisiko meningkatnya penderita COVID 19 di Riau secara signifikan, yang pastinya juga akan berdampak pada tingginya risiko penularan COVID 19 bagi petugas kesehatan khususnya di Puskesmas.

Petugas kesehatan di Puskesmas khususnya perawat melakukan kegiatan promotif dan preventif COVID 19 baik di dalam gedung maupun luar gedung Puskesmas.

Oleh sebab itu, IPKKI  turut andil dalam tindakan pencegahan terjadinya penambahan kasus COVID 19.

Upaya pencegahan COVID 19 yang dilakukan IPKKI Prov. Riau adalah melakukan penggalangan dana untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan Puskesmas dan kegiatan promosi kesehatan (penyebaran Poster dan leaflet), serta pembagian masker kepada masyarakat khususnya di red zone.

Donasi APD yang sudah terkumpul akan didistribusikan ke semua Puskesmas di Kota Pekanbaru dan puskesmas kab/kota lainny di Prov. Riau khususnya daerah dengan zona merah.

Bapak Kepala Dinkes Kota Pekanbaru dan jajarannya sangat mendukung kegiatan ini.

Beliau berpesan agar kita terus melakukan berbagai upaya untuk menyadarkan masyarakat dalam memutuskan rantai penularan COVID 19, diantaranya dengan menerapkan semua protocol pencegahan COVID.

Perawat - Tribunpekanbaru.com / Citizen Journalism / Ari Pristiana Dewi. 

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved