DPRD Riau Minta Bantuan Sosial Tunai Bisa Diterima Masyarakat Sebelum Lebaran

Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto berharap Bantuan Sosial Tunai (BST) tepat sasaran & sudah diterima oleh masyarakat terdampak Covid-19 sebelum lebaran

TRIBUN PEKANBARU / THEO RIZKY
Sejumlah warga mendatangi Kantor Pos Jalan Sudirman Pekanbaru untuk mengambil Bantuan Sosial Tunai Tahun 2020 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto menyambut baik langkah cepat Pemprov Riau menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu per kepala keluarga (KK) di enam kabupaten/kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19.

"Alhamdulillah, hari ini kita sangat lega karena apa yang selama ini kita bahas bersama Pemprov Riau terkait bantuan sosial ini telah disalurkan ke enam daerah dengan skema bantuan keuangan (Bankeu-red),"kata Hardianto, Kamis (21/5/2020).

Hardianto mengakui, Pemprov Riau selama ini berjibaku dalam upaya membantu daerah-daerah yang menerapkan PSBB khususnya terkait bantuan anggaran penanganan Covid-19 di APBD-Riau.

Apalagi, anggaran ini telah lama dibahas dengan DPRD hingga difinalisasi dan diverifikasi oleh BPKP Riau.

910 PDP di Riau Dinyatakan Sembuh, Masyarakat Diminta Tidak Menjauhi

Hasil Rapid Test 155 ODP di Riau Reaktif, Terbanyak Ada di Inhil

"Tinggal teknis penyalurannya ke masyarakat. Tentu kita percayakan dan sangat bergantung dengan pemerintah kabupaten/kota,"sebutnya.

Sementara saat disinggung terkait penerima bantuan agar dipastikan tepat sasaran, Hardianto mengaku semuanya tergantung pada saat pendataan dan validasi data.

Sejak awal pihaknya telah mewanti-wanti pemerintah kabupaten/kota untuk selalu valid dalam melakukan pendataan calon penerima bantuan sosial itu.

"Karena ini dalam momentum lebaran, kita mengharapkan kepada pemerintah kabupaten/kota dengan efektif dan efisien mungkin untuk menyalurkannya. Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah dapat diterima oleh masyarakat yang terdampak Covid-19 ini," kata Hardianto.

BREAKING NEWS: Hampir Tembus Seribu Kasus Baru, Terjadi Lonjakan Covid-19, 973 Orang, Riau Tambah 1

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD Riau Hj Ade Hartati. Menurutnya, Pemprov Riau sudah mengambil langkah tepat dalam membantu masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.

Namun kata Ade, Pemprov Riau juga harus mempertimbangkan untuk memberikan bantuan tahap berikutnya khusus kepada pelaku UMKM. Alasan, para pelaku UMKM ini juga sangat terdampak perekomiannya akibat Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved