Pasien Covid 19

Kondisi Kesehatan Pasien Positif Covid-19 di Pelalawan Stabil

Hampir dua pekan tidak ada penambahan pasien positif virus corona di Kabupaten Pelalawan Riau.

Dokumentasi AFP / Luis ROBAYO
Seorang petugas kesehatan menangani sampel darah untuk melakukan tes cepat COVID-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Hampir dua pekan tidak ada penambahan pasien positif virus corona di Kabupaten Pelalawan Riau.

Seorang pasien di antara empat positif corona di Pelalawan dinyatakan sembuh pekan lalu.

Saat ada tiga pasien positif dari Pelalawan masih menjalani perawatan dan pengobatan di ruang isolasi rumah sakit, dua orang di Pangkalan Kerinci dan satu di Pekanbaru.

RAH (13) dari Kecamatan Langgam dan MRH (20) dari Bandar Petalangan, keduanya masuk dalam Klaster Ponpes Magetan. Satu lagi AT (23) asal Pangkalan Kerinci yang merupakan klast mahasiswa Saudi Arabia.

"Kondisi kesehatan ketiganya masih stabil dan baik di ruang isolasi. Kita berharap mereka segera sembuh," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, H Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (21/5/2020).

Asril menyebutkan, tim medis terus memantau kesehatan dan perkembangan penyembuhan dari ketiga pasien positif corona ini.

Pemeriksaan sampel cairan hidung dan mulut untuk kepentingan swab dilakukan secara bertahap, mengecek keberadaan virus corona yang bersarang dibadan pasien.

Sejak pagebluk Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) menjangkit Pelalawan hingga Kamis (21/5/2020), ada delapan warga yang telah terinfeksi.

Lima di antaranya telah dinyatakan sembuh dan tiga lagi dalam tahap penyembuhan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 68 orang dan enam diantaranya masih dirawat serta menunggu hasil pemeriksaan swab.

Sebanyak 54 telah sembuh dan pulang ke rumah serta dinyatakan negatif corona. Termasuk delapan PDP yang meninggal meninggal juga negatif Covid-19.

"Ada penambahan PDP tapi bukan dari Klaster Magetan atau klaster lain. Ini hanya warga yang memiliki gejala saja," tandas Asril.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Pelalawan ini menyebutkan, ada sedikit penambahan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Total ada 2.620 ODP di Pelalawan dan 2.201 diantaranya sudah selesai pemantauan. Sedangkan 419 lagi masih dalam pemantauan petugas medis.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Penulis: johanes
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved