Breaking News:

Mutiara Ramadhan

15 Doa Mahabbah Sari Alquran, Memohon Kebaikan Dunia & Akhirat hingga Diberi Bangunan Indah di Surga

Setelah kita telusuri, diantara do’a-do’a sekian banyak dalam Alquran, dapat kita sarikan intinya dalam aplikasi kehidupan kita, yaitu:

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
15 Doa Mahabbah Sari Alquran, Memohon Kebaikan Dunia & Akhirat hingga Diberi Bangunan Indah di Surga 

15 Mahabbah Do'a Sari Al Qur'an

Tugas manusia di dunia adalah beribadah, dalam ibadah ada ibadah gerakan, ada ibadah, bacaan (ucapan), ada ibadah harta, ada ibadah gerakan dan ucapan, ada ibadah gerakan, ucapan dan harta, ada ibadah ucapan do’a.

Namun inti dari semua ibadah itu adalah do’a, Rasul saw katakana dalam hadisnya: “Do’a adalah sesuatu yang sangat mendasar dalam ibadah”. (HR. Abu Daud, no. 1479; Tirmidzi, no. 2969; Ibnu Majah, no. 3828; Bukhari no. 714).

Dalam riwayat lain: “Do’a adalah intisari ibadah”. (HR. Tirmizi no. 3371).

Dikuatkan dengan hadis: “tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dari pada do’a”. (HR Ibnu Majah no. 3819).

Ungkapan hadis-hadis ini sangat relevan dengan ayat-ayat Allah dalam firmannya, misalnya surah al-Baqarah ayat 186): “dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

Juga dalam surah al-Ghafir ayat 60: “dan Tuhanmu berfirman: “berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”.

Melalui hadis dan ayat di atas, betapa pentingnya do’a, hampir seluruh keberhasilan dan keluar dari zona merah serta zona mematikan para Nabi dan Rasul yang Allah ceritakan dalam Alquran selalu punya solusi, dan solusi termudah itu adalah keramat do’a.

Misalnya kisah Nabi Nuh as, selamat dengan do’a, Nabi Ibrahim as selamat dari api juga berkat do’a, Nabi Musa as, melewati laut merah juga dengan do’a, Nabi Isa as naik kelangit dari kejaran Yahudi juga berkat do’a, selamatnya Nabi Muhammad saw dari kejaran kaum kafir Quraish Makkah sewaktu hijtah juga mukjizat do’a, memang do’a menyimpan banyak rahasia dan mukjizat, maka di bulan ramadhan ini, tidak ada salahnya kalau memperbanyak do’a yang di amalkan oleh para Nabi dan Rasul yang Allah abadikan dalam Alquran untuk kebaikan kita dunia dan akhirat.

Setelah kita telusuri, diantara do’a-do’a sekian banyak dalam Alquran, dapat kita sarikan intinya dalam aplikasi kehidupan kita, yaitu:

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved