Dari Bank Korban Diajak Pelaku Gendam Naik Mobil Lalu Ditinggal di Minimarket, Rugi Ratusan Juta

Ketiga pelaku gendam ini mengincar korban yang telah melakukan transaksi di bank. Satu diantaranya pura-pura menanyakan sebuah alamat

TribunPekanbaru/DavidTobing
Ilustrasi 

Saat korban keluar dari bank, pelaku AB berpura-pura menanyakan alamat sebuah pesantren. Korban lalu diajak dan ditinggalkan di minimarket setelah uang didapat. 

Merasa ditipu hingga ratusan juta rupiah, korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polres Cimahi.

---

TRIBUNPEKANBARU.COM - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cimahi berhasil mengungkap penipuan dan penggelapan yang dilakukan kelompok penipu dengan modus gendam berpura-pura sebagai orang warga negara asing (WNA) yang akan menyumbang ke sebuah pesantren.

Adapun tiga pelaku dalam kelompok itu berhasil ditangkap yakni warga Cianjur berinisial AB (48), NE (40), DE (40).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga menjelaskan bahwa ketiga pelaku ini mengincar korban yang telah melakukan transaksi di bank.

Sasar nasabah bank, pura-pura tanya alamat

Saat korban keluar dari bank, pelaku AB berpura-pura menanyakan alamat sebuah pesantren seakan dirinya bertujuan untuk menyumbang pesantren tersebut.

Peran pelaku AB ini kemudian ditimpali pelaku NE yang berpura-pura mengetahui alamat pesantren tersebut. NE kemudian mengajak korban dan AB ikut bersama dalam mobil yang dikemudikan pelaku DE.

Di dalam mobil, pelaku AB mengaku berasal dari Singapura dan ingin menukar uang dollar menjadi rupiah. 

Ilustrasi. Petugas menghitung uang rupiah di jasa penukaran uang di Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014).
Ilustrasi. Petugas menghitung uang rupiah di jasa penukaran uang di Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014). (WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)
Halaman
123
Editor: M Iqbal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved