Kisah Inspiratif

Kisah Yunus Bercocok Tanam Saat PSBB, Berbagi Hasil Panen dengan Tetangga

Seluruh jenis tanaman ditanam Yunus di sekitar rumahnya yang kebetulan memiliki lahan untuk bercocok tanam, mulai dari cabe, terong, jagung, labu

Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Kisah Yunus Bercocok Tanam Saat PSBB, Berbagi Hasil Panen dengan Tetangga 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Banyak kegiatan positif yang bisa diisi pada saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pekanbaru.

Di antaranya bercocok tanam, selain bisa membantu untuk kebutuhan dapur, bercocok tanam juga menghilangkan rasa jenuh di rumah.

Hal itulah saat ini yang banyak dijalankan warga di Pekanbaru sejak wabah covid-19 ini melanda, banyak warga yang memanfaatkan lahan seadanya untuk menanam sayuran dan tanaman kebutuhan rumah tangga di pekarangan rumah.

Seperti yang dilakukan Yunus warga Perumahan Bertuah Sejahtera Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru ini, selama adanya wabah covid-19 di Riau, ia mengisi waktu kosongnya dengan bertanam.

Seluruh jenis tanaman ditanam Yunus di sekitar rumahnya yang kebetulan memiliki lahan untuk bercocok tanam, mulai dari cabe, terong, jagung, labu, kangkung, bayam, sawi, kacang panjang, pare, kacang tanah, seledri dan bahkan hampir semua jenis sayuran ada di kebun kecil Yunus tersebut.

Selain di pekarangan rumahnya, Yunus memanfaatkan lahan tetangganya yang kebetulan lahan tidur tidak diolah, setiap hari Yunus membersihkan dan merawat tanaman di kebun kecilnya yang kurang lebih berukuran 15 kali 25 meter tersebut.

"Dari pada tidak ada kegiatan, keluarkan nggak bisa juga, makanya salurkan hobi bertani saja, kebetulan kan ada lahan yang kosong juga untuk diolah," ujar Yunus yang juga bekerja di Satpol PP Provinsi Riau itu.

Apa yang dikerjakan Yunus ini, ternyata menginsipirasi masyarakat lainnya di lingkungannya, saat ini makin banyak warga sekitar yang mulai dan mengikuti jejak Yunus untuk bertanam.

"Kebetulan rumah saya di pinggir jalan besar komplek, jadi setiap hari orang lewat dan melihat tanamannya, banyak juga yang minta bibit mau tanam juga di rumahnya," ujar Yunus.

Luar biasanya lagi, dari hasil panen tanamannya ini, Yunus selalu membagi kepada tetangganya, mulai dari cabe, kangkung, bayam sawi dan hasil panen lainnya.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved