Pemkab Bengkalis Pastikan Tidak Gelar Pawai Takbiran dan Solat Ied Berjamaah

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis Amrizal mengajurkan masyarakat Bengkalis untuk melakukan takbiran dan sholat Id besok di rumah.

Tribun Pekanbaru/ Doddy Vladimir
Ribuan Umat Muslim memadati halaman Mesjid Raya Agung Annur Provinsi Riau di Pekanbaru Jumat (15/6) untuk menjalani Sholat Idul Fitri 1439 H. Pada tahun ini, Pemkab Bengkalis tidak menggelar sholat id berjamaan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis Amrizal mengajurkan masyarakat Bengkalis untuk melakukan takbiran dan sholat Id besok di rumah.

Hal ini melihat kondisi dan situasi sekarang yang sangat rentan penyebaran virus Covid 19.

Menurut dia, dengan tetap melaksanakan kegiatan ibadah di rumah, merupakan sebagai bentuk ikhtiar agar tidak tertular virus Covid 19, beribadah di rumah juga insyallah dapat ganjaran pahala yang sama.

"Karena dalam agama ini kita dianjurkan mengutamakan menolak kemudoratan dari pada kemaslahatan. Kita juga tidak boleh membahayakan diri kita dan membahayakan orang lain," terang Amrizal.

Menurut dia, jika ada masyarakat yang tetap melaksanakan solat ied berjamaah baik di masjid ataupun di tanah lapang, MUI juga tidak bisa melarang.

Hanya saja pihaknya tetap menganjurkan masyarakat ikuti anjuran pemerintah untuk beribadah di rumah saja.

Sementara itu pemerintah Bengkalis memastikan tidak melaksanakan pawai takbir pada malam ini. Bahkan kegiatan solat ied besok juga tidak diselenggarakan oleh pemerintah Bengkalis.

Hal ini diungkap Kabag Kesra Setda Pemerintah Bengkalis Hambali, Sabtu (23/5) siang.

Menurut dia pemerintah daerah tidak melaksanakan takbir dan sholat Id ini mengingat Bengkalis saat ini berstatus PSBB.

"Berdasarkan Perbup PSBB jelas kegiatan keagamaan untuk sementara ditiadakan. Sehingga kita tidak melaksanakan kegiatan keagamaan untuk besok," terang Hambali.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved