Breaking News:

Idul Fitri 1441 H

513 Napi Lapas Bengkalis Dapat Remisi Idul Fitri

"Dari jumlah yang menerima remisi hari ini ada tiga orang yang mendapatkan remisi bebas. Namun ketiganya belum membayar denda sehingga harus

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: David Tobing
Tribunpekanbaru.com
Pemberian remisi secara simbolis kepada warga binaan langsung diberikan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Bengkalis Edi Mulyono di Lapas Bengkalis. Remisi yang diberikan kepada warga binaan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Lebaran Idul Fitri tahun ini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis mengusulkan sebanyak 604 orang warga binaan untuk mendapatkan remisi khusus Idul Fitri. Dari usulan tersebut yang disetujui menerima remisi sebanyak 513 orang warga binaan.

Pemberian remisi secara simbolis kepada warga binaan langsung diberikan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Bengkalis Edi Mulyono di Lapas Bengkalis. Remisi yang diberikan kepada warga binaan bervariasi, mulai remisi 15 hari sampai 2 bulan.

"Tadi sudah kita sampaikan langsung kepada warga binaan secara simbolis remi khusus lebaran ini. Dari total yang kita ajukan 604 orang penerima remisi, sebanyak 513 disetujui oleh Kementerian, sementara sisanya 91 usulan remisi terkait Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 masih menunggu persetujuan.

"Dari jumlah yang menerima remisi hari ini ada tiga orang yang mendapatkan remisi bebas. Namun ketiganya belum membayar denda sehingga harus menjalani subsider terlebih dahulu sesuai putusan pengadilan, jadi yang benar benar bebas hari ini tidak ada," ungkap Edi.

Sementara itu, diperayaan lebaran kali ini, berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana Lapas Bengkalis tidak membuka kunjungan khusus lebaran atau open house yang biasanya dilaksanakan setiap lebaran.

Hal ini ditiadakan mengingat kondisi pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia. Meskipun di tiadakan kunjungan khusus lebaran, pihak Lapas Bengkalis memberikan alternatif lain, dimana keluarga warga binaan masih tetap diperbolehkan mengirimkan makanan khusus lebaran kepada warga binaan Lapas Bengkalis.

"Memang sesuai edaran Dirjen PAS kunjungan ditiadakan untuk lebaran tahun ini, diganti dengan penitipan makanan selama lebaran," terang Kalapas Bengkalis.

Sementara untuk kunjungan bisa dilakukan dengan kunjungan virtual melalui video call seperti biasa. Dimana pihak Lapas sudah menyediakan layanan kunjungan video call sejak kondisi pandemi Covid 19 dahulu.(tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved