Virus Corona di Kuansing

Rapid Tesnya Reaktif, Hasil Swab PDP Asal Kampar di Kuansing Riau Ini Negatif

SA pun sudah pindah rawat ke ruang bedah. Pihak RSUD Teluk Kuantan masih menunggu konfirmasi ruju5ke rumah sakit di Pekanbaru.

istimewa
Warga yang masuk kategori ODP dengan gejala Covid-19 menjalani Rapid Tes di beberapa Puskesmas di Kuansing beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Hasil analisis sampel swab PDP atas nama SA, 35 tahun, yang dirawat di RSUD Teluk Kuantan sudah keluar. Hasilnya, SA negatif covid-19.

Ini menjadi kabar baik dan sekaligus menunjukkan keakuratan hasil rapid tes memang rendah. Sebab sebelumnya, hasil rapid SA menyatakan reaktif.

"Hasil swab 1 dan 2 tuan SA negatif," kata juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kuansing, dr Amelia Nasrin, Senin (25/5/2020).

SA pun sudah pindah rawat ke ruang bedah. Pihak RSUD Teluk Kuantan masih menunggu konfirmasi ruju5ke rumah sakit di Pekanbaru.

Tuan SA ternyata merupakan korban laka lantas. Ia kejepit antara dua mobil yang kecelakaan. Ia berprofesi sebagai sopir di sebuah perusahaan.

Adalah SA, 35 tahun, warga kecamatan Tapung Hulu, Kampar. Ia masuk pinere RSUD Teluk Kuantan pada Senin malam (18/5/2020) sekitar pukul 21.30 wib.

Dari pemeriksaan rontgen dada ditemukan cairan dan udara diruangan pleura paru. Selain itu, hasil Rapid Tes SA yakni Reaktif atau positif. 

Karena hasil rapid tesnya reaktif pula yang jadi penyebab, SA ditetapkan jadi PDP covid dan harus menjalani perawatan diruang isolasi.

Bukan kali ini pula hasil rapid tea tidak akurat. Sebelumnya, ayah dan anak di kecamatan Singingi, Kuansing, hasil rapid tesnya reaktif.

Kala itu, kondisi masyarakat sudah khawatir. Namun kala itu, dr Amel meminta agar masyarakat tetap tenang sebab belum tentu ayah anak tersebut terinfeksi virus corona.

Sebab keakuratan rapid tes disebut hanya 30 persen.

Benar saja. Hasil analisis sampel swab ayah dan anak tersebut keluar dan dinyatakan negatif. (Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)
 

--

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved