Breaking News:

Idul Fitri 1441 H

Warga Binaan di Rutan Rengat Silaturahmi dengan Keluarga di Hari Raya Idul Fitri dengan Video Call

"Kita memfasilitasi warga binaan untuk melakukan video call melalui Whatsapp kepada keluarga, dan juga menyediakan penitipan barang dengan menerapkan

TribunPekanbaru/Bynton Simanungkalit
Hanya dalam waktu empat jam, jumlah pengunjung Rutan Rengat mencapai 595 orang saat lebaran kedua, Sabtu (18/7/2015). Ini adalah hari pertama waktu besuk dibuka dalam rangka Idul Fitri. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Semenjak tanggal 18 Maret 2020 lalu, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat sudah meniadakan kunjungan.

Hal ini dilakukan guna menghentikan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Oleh karena itu pada momen Idul Fitri tahun ini, pihak Rutan Kelas II B Rengat memfasilitasi warga binaan melakukan silaturahmi melalui video call di aplikasi Whatsapp.

"Kita memfasilitasi warga binaan untuk melakukan video call melalui Whatsapp kepada keluarga, dan juga menyediakan penitipan barang dengan menerapkan SOP yang berlaku. Semuanya tidak dipungut biaya," kata Fauzi Harahap, Kepala Rutan Kelas II B Rengat, Senin (25/5/2020).

Untuk melakukan penitipan barang, keluarga diberikan kesempatan mulai dari pukul 08.30 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib. Keluarga yang akan menitipkan barang kepada warga binaan, harus melalui sejumlah tahapan protokol pencegahan Covid-19 serta pemeriksaan dari petugas.

Pertama masyarakat diminta memasuki bilik sterilisasi, serta melakukan pengukuran suhu tubuh. Kemudian petugas emberikan nomor antrian, menyiapkan sarana plastik transparan untuk tempat memindahkan dari pembungkus sekaligus pemeriksaan guna memastikan barang titipan bersih dari penyeludupan barang-barang terlarang. Kedua petugas juga melakukan pendataan masyarakat yang akan menitip dengan menunjukkan KTP sekaligus didata di register E dan WBP.

Ketiga penyampaian barang titipan dengan memastikan barang titipan dengan menandatangani buku penerimaan barang.
"Pelaksanaan pemeriksaan barang ini dilakukan dengan teliti oleh petugas dengan tetap mengedepankan profesionalitas agar tetap terciptanya suasana yang ramah, aman dan kondusif," kata Fauzi.

Selain itu, Fauzi menyampaikan bahwa pada Minggu (24/5/2020) kemarin Rutan Kelas II B Rengat menggelar kegiatan pemberian remisi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri kepada warga binaan. Total ada 239 warga binaan di Rutan Rengat kelas II B yang mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri tahun ini. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved