Beda Dengan Jokowi, Anies Baswedan Pertimbangkan Perpanjangan PSBB di Saat New Normal Dipersiapkan

Meski begitu, hingga saat ini Anies Baswedan belum dapat memastikan PSBB yang dijadwalkan usai pada 4 Juni 2020 akan diperpanjang atau tidak.

Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan mengungkap adanya kemungkinan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta diperpanjang.

Hal itu kata Anies Baswedan, terpaksa diterapkan jika masyarakat tidak taat pada aturan PSBB.

Apalagi, Anies Baswedan juga mengungkap bahwa tidak menutup kemungkinan datangnya gelombang kedua pandemi Covid-19 di Ibu Kota Jakarta.

Meski begitu, hingga saat ini Anies Baswedan belum dapat memastikan PSBB yang dijadwalkan usai pada 4 Juni 2020 akan diperpanjang atau tidak.

Namun, ia berjanji akan menggunakan data epidemiologi sebagai dasar untuk memutuskan status PSBB di Ibu Kota.

"Apakah nanti ini adalah PSBB penghabisan atau PSBB harus diperpanjang sangat tergantung kepada angka-angka epidemiologi yang ada," ujar Anies di stasiun MRT Bundaran HI, Selasa (26/5/2020), dilansir dari Kompas.com.

Saat itu Anies Baswedan usai menemui Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi yang meninjau kesiapan normal baru di stasiun MRT Bundaran HI.

"Jadi, para ahli saat ini mengumpulkan semua datanya, memantau terus," imbuh dia.

Berbekal data epidemiologi yang disusun para pakar, lanjut Anies Baswedan, ia berharap hasilnya dapat terbit pada akhir pekan ini.

"Dan pada saat itu nanti kita akan sampaikan kepada masyarakat, kerja bersama kita ini hasilnya seperti apa," kata dia.

 

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak, itu bukan pemerintah, bukan para ahli, tapi perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB. Bila seluruh masyarakat wilayah PSBB memilih taat, maka PSBB-nya bisa berakhir. Bila masyarakatnya tidak (taat), maka terpaksa PSBB-nya harus diperpanjang," tutur Anies Baswedan.

Halaman
1234
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved