26 Orang Ditangkap di Perancis dan Belgia Terkait Kasus 39 Mayat Warga Vietnam Dalam Kontainer Truk

Pihak Europol telah menahan 26 orang di Belgia dan Perancis terkait temuan 39 mayat WN Vietnam yang ditemukan dalam kontainer Oktober 2019 lalu.

DAILYMAIL.CO.UK
Pham Thi Tra My, gadis 26 tahun asal Vietnam yang diduga termasuk dalam 39 mayat yang ditemukan di kontainer truk di Inggris. Saya Sekarat di Sini, Bu 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Sebanyak 26 orang ditangkap di Perancis dan Belgia, berkaitan dengan penemuan 39 mayat warga Vietnam di kontainer truk di Essex, Inggris, tahun lalu.

Para korban, termasuk dua remaja berusia 15 tahun, ditemukan dalam truk di kawasan industri, sekitar 32 km timur London pada Oktober 2019.

Penangkapan 26 orang di Belgia dan Perancis itu dilakukan pada Rabu dini hari waktu setempat (27/5/2020), seperti dikutip Sky News.

Operasi itu merupakan hasil dari investigasi lintas perbatasan, ditopang oleh badan kooperasi kriminal dan keadilan (Eurojust), dan kepolisian Eropa (Europol).

Pesan Gadis Asal Vietnam di Antara 39 Mayat dalam Kontainer: Saya Sekarat, Saya Minta Maaf Ibu

MENGERIKAN, 39 Jasad Manusia Ditemukan di Dalam Kontainer Truk, Polisi Ungkap Fakta Ini

Polisi melakukan inspeksi di lokasi di mana 39 mayat ditemukan di kontainer truk di Essex, Inggris, pada 24 Oktober 2019. (REUTERS/SIMON DAWSON via Kompas.com)

Para pelaku diyakini merupakan anggota kelompok penyelundup manusia skala besar, yang membawa pengungsi Asia, utamanya dari Vietnam.

Dalam pernyataan resmi Eurojust, 26 tersangka itu diduga mengangkut puluhan orang setiap hari dalam beberapa bulan terakhir.

Di Belgia, 13 orang dibekuk setelah penegak hukum menggeledah 16 rumah di Brussels. Sementara 13 orang lainnya terciduk di Paris, Perancis.

Penyelidik menyatakan selain menahan tersangka, mereka juga mengamankan tiga kendaraan, uang, dan peralatan elektronik untuk menunjang operasi mereka.

Bahagianya Anak-anak di Vietnam Bisa kembali Bersekolah: 2 Pekan Tidak Ada Kasus Covid-19

Kini Vietnam Menjadi Negara Teraman di Asia Usai Singapura Dibombardir Virus Corona

Europol menerangkan, mereka sebanyak 21 migran yang tidak mempunyai dokumen resmi juga ditemukan dan dibawa ke tempat yang aman.

Investigasi skala besar itu terjadi setelah 39 mayat ditemukan di dalam kontainer truk di Grays, Essex, segera setelah sampai dari Zeebrugge, pada 23 Oktober 2019.

Halaman
12
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved