Kuansing

Diusulkan Gubernur Jadi Percontohan Penerapan New Normal, Pemkab Kuansing : Belum Ada Kita Bahas

Status Zona Hijau Kuansing sempat diusulkan Gubernur agar terapkan konsep New Normal, namun faktanya tidak masuk daftar 25 daerah yang diterima Pusat

istimewa
Mobil ambulans membawa jenazah Tuan GP, PDP Covid-19 di Kuansing yang meninggal Selasa subuh (12/5/2020) 

TRIBUNPRKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Pemkab Kuansing mengaku pihaknya belum membahas terkait usulan Pemprov Riau ke Pemerintah Pusat, dimana Kuansing akan dijadikan salah satu kabupaten percontohan penerapan new normal di saat pandemi Covid-19 masih terjadi. Bersama Kuansing, Rohil juga diusulkan.

"Belum ada kita bahas soal usulan itu," kata asisten III Pemkab Kuansing, Agus Mandar, Kamis (27/5/2020), yang salah satu juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kuansing.

Seperti diberitakan beberapa media online, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan Provinsi Riau telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat untuk menerapkan new normal, kebijakan saat pandemi Covid-19 masih terjadi. Kebijakan tersebut intinya yakni masyarakat produktif produktif dan aman semasa pandemi Covid-19.

Inspiratif, Kakek 79 Tahun Profesi Petani Karet di Kuansing Tolak BLT-DD Covid-19, Ini Alasannya

Hasil Swab Negatif, Bayi 5 Bulan PDP Covid-19 Asal Pekanbaru di Kuansing Riau Sudah Pulang

Pandemi Corona dan Tahapan Pilkada Belum Jelas, Sosialisasi Bapaslon di Kuansing Riau Jalan Terus

"Jadi, untuk Riau itu yang telah disetujui oleh Pemerintah Pusat sebelumnya yaitu dua daerah kabupaten, di antaranya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Namun, kami mengusulkan lagi satu daerah yaitu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)," terangnya, Selasa (26/05/2020).

Kuansing dan Rohil sendiri menjadi dua kabupaten di Riau yang hingga saat ini belum ada kasus positif covid-19. Sedangkan Rohul hanya satu kasus dan tidak bertambah-tambah dalam waktu yang lama.

Namun, usulan Gubri tersebut kontraproduktif dengan yang dikeluarkan sekretariat presiden.

Data yang dikeluarkan Sekretariat Presiden, ada 25 kabupaten / kota di Indonesia yang akan menerapkan konsep new normal dalam menghadapi pandemi covid-19. Di Riau yakni Pekanbaru, Kampar, Dumai, Pelalawan, Siak dan Bengkalis. Tidak ada kabupaten Kuansing dan Rohil.

Pekanbaru, Kampar, Dumai, Pelalawan, Siak dan Bengkalis merupakan kabupaten / kota di Riau yang menerapkan PSBB. Sedangkan Kuansing dan Rohil tidak ada menerapkan PSBB karena masih tergolong zona hijau.

Rapat Evaluasi Covid-19

Namun pada Rabu siang (27/5/2020), Pemkab Kuansing melakukan rapat evaluasi percepatan penanganan Covid-19 di kantor bupati.

Rapat tersebut membahas bidang Penjagaan/pengawasan pintu masuk dan keluar dari Kuantan Singingi, penerapan New Normal bagi daerah zona hijau, penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara lebih intensif seperti isolasi dan swab.

Selain itu juga membahas pemantauan para pedagang yang datang dari luar Kuansing serta koordinasi dengan daerah tetangga seperti Kabupaten Dharmas Raya dan Sijunjung, Sumbar.

53 ASN Bolos Tanpa Keterangan,Masih Ada ASN di Kuansing Riau Absen Ngantor Hari Pertama Usai Libur

Target Tak Tercapai, Tidak Semua Desa di Kuansing Riau Salurkan BLT DD Covid-19 Sebelum Lebaran

Dalam arahannya, Bupati Kuansing Drs H Mursini meminta para pedagang yang datang dari luar agar membawa surat keterangan bebas dari covid. Ia pun meminta para pedagang dan pembeli di pasar agar tetap mematuhi protokol penanganan covid-19, seperti memakai masker.

Ia juga meminta untuk dibentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada tingkat desa/kelurahan. Selain itu, efektivitas Poskowas sesuai SOP Penanganan Covid-19 ditingkatkan.

Kapan penerapan new normal di Kuansing? "Insya Allah besok pagi (Kamis, 28/5, red) ada video conference dengan Pak Gubernur. Setelah ada arahan dari bapak Gubernur kita akan lakukan langkah-langkah penerapan sesuai ketentuan," kata Agus Mandar. (Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved