Tak Hanya dengan Amerika, China-India Juga Memanas, Militer Sudah Bentrok, Diambang Perang?

media India melaporkan pasukan India dan China bentrok pada awal Mei di dua bagian berbeda dari Garis Kontrol Aktual yang memisahkan kedua negara.

serbadidunia.wordpress.com
Tentara India dan tentara China baku hantam di perbatasan 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pandemi Virus Corona atau covid-19 membuat hubungan China dan Amerika Serikat terus memanas.

Belum reda, kini China diambang perang dengan India setelah Militer kedua negara terlibat bentrok di awal Mei, lalu.

Kini, aksi pengerahan Militer di wilayah perbatasan China dan India pun terjadi.

Ketegangan di perbatasan antara India-China telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir di tengah kesibukan laporan media yang menunjuk pada serangkaian pertempuran kecil dan peningkatan Militer oleh kedua belah pihak.

angkatan militer
angkatan militer (ilustrasi)

Sejauh ini tidak ada pemimpin negara yang mengeluarkan komentar resmi tentang pertikaian tersebut, yang menurut para analis menunjukkan keinginan bersama untuk tidak meningkatkan ketegangan lebih lanjut.

Dilansir dari South China Morning Post, media India melaporkan pasukan India dan China bentrok pada awal Mei di dua bagian berbeda dari Garis Kontrol Aktual yang memisahkan kedua negara.

Pertempuran di dekat danau Pangong di Ladakh India dan jalur gunung Naku La di Sikkim mengakibatkan kerusakan di kedua sisi.

Sementara tabloid milik pemerintah China, Global Times, telah mengkarakterisasi tindakan China di Line of Actual Control sebagai respons Militer yang kuat terhadap insiden pelanggaran ilegal India.

Media ini juga melaporkan bahwa Beijing kemungkinan akan menempatkan helikopter pengintai tak berawak pertama yang dikembangkan secara domestik di sepanjang perbatasan.

Hal ini dibalas oleh laporan media India yang mengklaim bahwa pasukan Tiongkoklah yang mengganggu mereka dengan mendirikan tenda dan menggali parit.

Sumpah Xi Jinping soal vaksin Virus Corona
Xi Jinping ((XINHUA/LI XUEREN/EPA-EFE)
Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved