Siak

Penerima BLT di Kampung Bukit Agung Siak Dibukakan Rekening, Saldo Bisa Diambil Hingga Habis

Mayoritas penerima BLT di Kampung Bukit Agung, Kecamatan Kerinci Kanan, Siak tak punya rekening Bank. Uniknya Saldo rekening bisa ditarik semua.

kolase/tribunpekanbaru
Saldo Rekening 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Kampung dan Kementrian Sosial (Kemensos) di kampung Bukit Agung, Kecamatan Kerinci Kanan, kabupaten Siak dibukakan rekening tabungan oleh pemerintahan kampung itu. Menariknya, pemilik rekening dapat menarik seluruh saldo melalui ATM.

"Seluruh penerima sepakat, sehingga tidak ada masalah dalam pendistribusian BLT di Bukit Agung," kata Penghulu Kampung Bukit Agung, Parlaungan Panjaitan kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (29/5/2020).

Ia menceritakan, pendistribusian BLT ke penerima bisa diberikan secara tunai dan non tunai. Bisa diantarkan langsung oleh petugas dari pemerintahan kampung bisa melalui jasa PT Pos Indonesia dan bisa ditransfer melalui rekening.

"Kami sepakat transfer melalui rekening. Tapi masalahnya rata-rata penerima bantuan tidak punya nomor rekening bank. Maka kami coba kerjasama dengan bank," kata dia.

VIDEO: Ranperda RDTR Kawasan Perkotaan Siak Disahkan, Bupati: Untuk Mendukung Iklim Investasi

PSBB Tidak Diperpanjang, Bupati Siak Rancang Skema Pembukaan Istana Siak untuk Umum

Petunjuk untuk Siswa Masuk Sekolah Belum Ada, Siak Tunggu Konsep dari Pusat Laksanakan New Normal

Akhirnya bekerjasama dengan BRI. Seluruh penerima BLT dibukakan nomor rekening dengan administrasi lebih mudah, tanpa dikenai biaya dan uang dapat diambil habis.

"Kesepakatan ini diputuskan dalam Muskamsus yang dihadiri oleh semua pihak, seperti Bapekam, kepala dusun, ketua RT, RW dan tokoh-tokoh masyarakat," kata dia.

Pendistribusian BLT Dana Kampung sudah masuk tahap kedua di kampung itu. Pendistribusian tahap pertama pada 18 Mei 2020 dan tahap kedua dapat didistribusikan pada 20 Mei 2020.

"Tinggal tahap ketiga, mudah-mudahan dapat disalurkan pada awal Juni 2020," kata dia.

Di kampung itu, penerima BLT Dana Kampung sebanyak 137 KK dan penerima BLT Kemensos sebanyak 60 KK. Sedangkan penerima bantuan sosial Sembako dari APBD Siak sebanyak 118 KK. Semua penerima bantuan terdata dan tidak tumpang tindih.

"Bahkan kita termasuk kampung yang siap melaksanakan bantuan tanpa ada konflik di tengah masyarakat," kata dia.

Selain itu, pemerintahan kampung Bukit Agung tersebut juga menerapkan new normal sementara. Warga diminta tetap memakai masker dan sering cuci tangan, tidak bersentuhan dan tetap menjaga jarak aman.

"Kami juga ingin kampung kami siap melaksanakan new normal, jika sudah ada panduannya nanti dari kabupaten. Kita menunggu sembari tetap memantau masyarakat," kata dia.

Camat Kerinci Kanan M Hassanal Luthfi mengatakan, kampung Bukit Agung termasuk kampung yang sukses dalam melaksanakan PSBB dan pendistribusian BLT. Pihaknya mengapresiasi keuletan penghulu kampung yang mampu membangun konsolidasi dengan tokoh dan masyarakat setempat.

"Saya ikut langsung memantau kegiatan di kampung-kampung, memang kampung Bukit Agung termasuk yang terbaik dalam melaksanakan kegiatannya," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved