Ini Alasan Mengapa Penumpang Harus Selalu Pakai Alas Kaki di Pesawat

Penumpang maupun kru kabin harus bersiap-siap untuk menyelamatkan diri dengan cepat, dan itulah mengapa penumpang harus tetap menggunakan sepatunya.

TravelPulse
Ilustrasi melepas alas kaki di kabin pesawat. 

Sepatu tidak hanya penting dalam membantu kamu saat menyelamatkan diri dengan cepat, namun juga akan melindungi sesama penumpang.

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pilot tentu mengetahui tentang situasi tak terduga yang mungkin timbul saat dalam penerbangan.

Meski insiden kecelakaan pesawat merupakan skenario yang tak biasa, namun para pilot telah dilatih untuk bisa menanganinya.

Dan itulah sebab mengapa seluruh penumpang diberi instuksi ketika melakukan penerbangan.

//

Dilansir TribunTravel dari laman Express.co.uk, para pelancong mungkin telah diingatkan untuk tetap memakai sepatu mereka saat lepas landas maupun mendarat.

Ternyata hal ini memang sebagai persiapan jika sewaktu-waktu ada hal buruk yang terjadi.

Menurut Ben Sherwood, penulis 'The Survivors Club - The Secrets and Science That Could Save Your Life', 80 persen dari semua kecelakaan terjadi dalam tiga menit pertama penerbangan atau dalam delapan menit terakhir sebelum mendarat.

Oleh karena itu, baik penumpang maupun kru kabin harus bersiap-siap untuk menyelamatkan diri dengan cepat, dan itulah mengapa penumpang harus tetap menggunakan sepatunya.

Berbicara kepada TripSavvy, seorang pilot dari sebuah maskapai penerbangan besar mengatakan, "Saat keadaan darurat, kamu pastinya tidak ingin dievakuasi dari pesawat yang mungkin terbakar atau berjalan di lumpur dengan mengenakan sepasang sandal jepit."

//
// <\/scr"+"ipt>"); // ]]>

Hal serupa juga diungkap oleh pramugari Qatar Airways kepada The Points Guy.

"Kamu harus tetap memakai sepatu saat lepas landas dan mendarat karena itulah bagian paling berbahaya dari penerbangan," kata pramugari itu.

Sepatu tidak hanya penting dalam membantu kamu saat menyelamatkan diri dengan cepat, namun juga akan melindungi sesama penumpang.

Sepatu yang berserakan di lorong kabin atau barisan tempat duduk bisa membuat penumpang tersandung dan memperlambat jalan keluar penumpang lain.

Selain untuk alasan keadaan darurat, ada alasan lain mengapa penumpang harus tetap mengenakan sepatu selama di pesawat, dan itu cukup menjijikkan.

Ilustrasi kabin pesawat
Ilustrasi kabin pesawat (Pexels)

"Tolong jangan pernah berjalan ke toilet pesawat tanpa mengenakan alas kaki," tulis seorang pramugari dalam forum Reddit.

"Aku berjani, sembilan dari sepuluh, yang berada di lantai toilet pesawat itu bukanlah air," tambahnya.

Pramugari tersebut juga menambahkan bahwa toilet benar-benar menjijikkan karena hanya dibersihkan di akhir rute penerbangan.

"Bayangkan betapa kondisi toilet tersebut di akhir penerbangan 12 jam dengan 200 orang yang menggunakannya," tuturnya.

Sejumlah Destinasi Wisata di Bukittinggi Dibuka Kembali untuk Umum Pasca Keluar dari Fase PSBB

Gugus Tugas Ungkap 102 Daerah Bebas Covid-19 hingga 30 Mei, di Riau Ada 2 Kabupaten

Tes Swab Seribuan Pedagang Pasar Raya Padang, 168 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Diajak Wanita Kencan di Hotel, Pria Ini Malah Diancam 2 Waria, Akhirnya Lari Telanjang Depan Hotel

(TribunTravel.com/Muhammad Yurokha M)

 

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Pilot Ini Ungkap Alasan Penumpang Harus Selalu Pakai Alas Kaki di Pesawat, https://travel.tribunnews.com/2020/05/30/pilot-ini-ungkap-alasan-penumpang-harus-selalu-pakai-alas-kaki-di-pesawat?page=all.
Penulis: Muhammad Yurokha May
Editor: Sinta Agustina

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved