Breaking News:

Artikel

Model CPRES Meningkatkan Pengetahuan Karir Mahasiswa

Kemampuan lulusan harus mencakup 4 unsur untuk menjadikannya sebagai CPL yaitu mencakup unsur sikap, pengetahuan, psikomotorik dan keterampilan khusus

istimewa
Yenny Denelita 

Model CPRES Meningkatkan Pengetahuan Karir Mahasiswa

Oleh : Dr (c) Yenny Denelita, S. Kom, M. Kom

Dunia kerja adalah salah satu tahapan yang harus dilalui dan dihadapi oleh para lulusan dari suatu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Apalagi saat ini kita sedang menghadapi era revolusi industri 4.0. Permasalahan seputar disrupsi teknologi, tenaga kerja, lapangan kerja, kompetensi/skill, hingga pengangguran menjadi isu penting dewasa ini.

Jika pesatnya kemajuan teknologi tidak diiringi dengan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) maka akan berdampak kepada masalah sosial yang lain.

Lulusan level pendidikan S1 (Sarjana) dari sebuah Perguruan Tinggi diharapkan hendaknya terserap ke lowongan pekerjaan secara linier terhadap masing-masing profesinya.

Namun demikian, tingkat link-and-match antara kompetensi lulusan sarjana dengan kebutuhan dunia kerja/industri masih tergolong rendah, dapat disimpulkan bahwa tingkat linieritas antara kompetensi lulusan sarjana sebagai pekerja terhadap kebutuhan dunia kerja/industri masih relatif rendah.

Menghadapi tantangan yang besar era revolusi industri 4.0 ini, maka pendidikan dituntut untuk bermutu. Pendidikan yang bermutu merupakan salah satu indikator majunya suatu bangsa.

Oleh sebab itu, pendidikan bertanggung jawab menghasilkan SDM yang unggul dan mampu bersaing menghadapi tantangan global.

Untuk menciptakan SDM yang memiliki kompetensi sesuai profil lulusan Program Studi yang diambil, berdaya saing dan siap kerja secara profesional pada dunia usaha, dunia industri sesuai dengan bidang keilmuan level pendidikan S1 yang diambil maka perlu disiapkan tenaga-tenaga Sarjana yang terampil dalam bidang keahliannya.

Halaman
1234
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved