China dan India Sudah Saling Serang, Begini Perbandingan Kekuatan Militer Keduanya, Siapa yang Kuat?

China dan India menuai sorotan negara-negara dunia, akibat dari konflik yang terjadi belakangan ini antar kedua negara.

ISTIMEWA
ILUSTRASI: Tentara India siap siaga dalam sistem pertahanan di Kashmir 

TRIBUNPEKANBARU.COM - China dan India menuai sorotan negara-negara dunia, akibat dari konflik yang terjadi belakangan ini antar kedua negara.

Dimana perbatasan India dan China di Ladakh kembali memanas.

Kali ini melansir Business Standard, kedua negara yang berselisih itu telah membawa senjata berat ke perbatasan Ladakh.

25 hari berlalu semenjak konflik China dan India melonjak, kini tentara India dan China sudah siap siaga di perbatasan Ladakh yang mereka perebutkan.

Setelah jalur diplomatik tidak berhasil menyelesaikan masalah keduanya, kini kedua negara bersiap untuk memulai baku tembak.

Pembicaraan diplomatik yang ditawarkan oleh Presiden Amerika Donald Trump sebagai penengah konflik ini juga ditolak oleh Menteri Pertahanan India Rajnath Singh.

Ratusan tentara India dan China terlibat dalam pertempuran terakhir yang terkonsentrasi di wilayah Ladakh India di seberang Tibet.

Kedua negara memiliki beberapa titik sengketa di sepanjang 3.500 km (2.175 mil) perbatasan mereka. Mereka berperang di perbatasan pada tahun 1962 dan telah terjadi pertengkaran rutin sejak itu.

Ketegangan terakhir meletus pada 9 Mei ketika puluhan tentara China dan India terluka dalam perkelahian dan saling melempar batu di negara bagian Sikkim.

Pusat pertikaian sekarang di Ladakh berpusat di sekitar lembah Galwan yang mengontrol akses ke beberapa titik strategis di perbatasan Himalaya mereka.

Halaman
1234
Editor: Hendri Gusmulyadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved