Breaking News:

Anggaran Pilkada Meranti 2020 Terancam Gara-gara Tersedot Penanganan Virus Corona

Meranti kabarnya, dana sudah banyak tersedot di Covid-19 dan tentunya nanti akan menjadi masalah, untuk penganggaran apakah dari APBN atau APBD

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Instagram.com/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Anggaran Pilkada Meranti 2020 Terancam Gara-gara Tersedot Penanganan Virus Corona 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah dan DPR RI bersama KPU sepakat laksanakan Pilkada serentak pada Desember, namun ada konsekuensi yang dihadapi dengan penambahan anggaran untuk membeli peralatan antisipasi penyebaran covid-19 saat pemungutan suara di TPS nanti.

Hanya saja, ternyata sampai saat ini belum jelas apakah anggaran tambahan untuk pembelian APD dan peralatan lain di TPS itu dibebankan kepada APBN atau APBD di daerah masing-masing.

Sampai saat ini masih menunggu Peraturan KPU terkait pelaksanaan pilkada tersebut yang masih digodok di KPU RI.

Namun dalam rapat bersama KPU Riau dengan Kabupaten dan Kota Selasa (2/6/2020), ternyata Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada ada yang terancam tidak punya anggaran, karena tersedot untuk penanganan covid-19.

"Meranti kabarnya, dana sudah banyak tersedot di Covid-19 dan tentunya nanti akan menjadi masalah, untuk penganggaran apakah dari APBN atau APBD, ini yang masih belum final sampai sekarang," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto kepada tribunpekanbaru.com.

Menurut Nugi sapaan akrabnya Nugroho, mereka masih menghitung kebutuhan dan belum ada yang seragam untuk pengadaan APD dan masker, hal ini disebabkan belum keluarnya PKPU yang keseragaman standarnya itu.

"Kemarin dalam rapat sudah ada pengajuan dari masing-masing daerah, hanya saja ternyata masih beda-beda hasilnya, karena belum ada keseragaman standar," ujarnya.

Sampai saat ini baru Rohul dan Rohil yang mangajukan perkiraan kebutuhan penambahan anggaran untuk pembelian APD dan peralatan lainnya tersebut.

Namun itu belum final masih menunggu arahan berikutnya dari KPU RI.

Sebagaimana diketahui ada sembilan Kabupaten dan Kota di Riau ayang akan ikut Pilkada 2020 pada Desember mendatang, Rohul, Rohil, Meranti, Siak, Pelalawan, Inhu, Dumai, Bengkalis dan Kuansing.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved