Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Selama Dua Pekan: Tol Permai Dilewati 17 Ribu Unit Kendaraan

Hingga Ahad (31/5) lalu, selama diberlakukannya penyekatan di GT Pekanbaru dan GT Minas, tercatat ada 14.250 total kendaraan yang terjaring di titik

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Selama Dua Pekan: Tol Permai Dilewati 17 Ribu Unit Kendaraan. Foto: Kendaraan saat memasuki pintu gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Seksi I. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jalan Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer yang sempat dioperasikan pada libur lebaran idul fitri resmi ditutup kembali, 1 Juni 2020 kemarin.

Jalan Tol Pekanbaru-Minas mulai dibuka sejak 18 Mei lalu.

"Selanjutnya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai atau Tol Permai telah kami tutup kembali hingga nanti ada arahan lebih lanjut dari regulator untuk dioperasionalkan dan segera diresmikan,” kata SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya, Muhammad Fauzan, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskannya, meskipun HK mendukung arahan pemerintah untuk tidak mudik pada periode lebaran 2020 ini, namun PT Hutama Karya tetap melakukan berbagai persiapan agar dapat memberikan pelayanan optimal bagi kendaraan yang masih diizinkan untuk melintas di seluruh ruas tol yang dikelolanya.

Sejak difungsikannya jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer jelang Lebaran Idul Fitri kemarin, tercatat sebanyak 17.663 kendaraan yang melintas selama lebih kurang dua minggu dibuka.

Seksi 1 tol ini dibuka pada satu pekan sebelum lebaran dan seminggu sesudah lebaran.

“Hingga Ahad (31/5) lalu, selama diberlakukannya penyekatan di GT Pekanbaru dan GT Minas, tercatat ada 14.250 total kendaraan yang terjaring di titik penyekatan, dengan catatan 14.205 kendaraan diizinkan melanjutkan perjalanan karena memenuhi kriteria dan 45 kendaraan harus diputar balikan seusai dengan sanksi yang berlaku,” ungkap Fauzan.

Pengoperasian jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tolnya.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah menghentikan sementara fasilitas top-up tunai, serta melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol.

“Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengendara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, menggunakan masker apabila keluar rumah, serta untuk sementara tidak melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai - Tol Permai - Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved