Meranti ZONA MERAH Covid-19, Tim Gugus Tugas Sebut Transmisi Lokal Terkunci di Desa Bandul

Terkait zona merah memang ada transmisi lokal dan terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di daerah Bandul, hasil tracking contact dari Bandul

Tribun Pekanbaru/Teddy Tarigan
Meranti ZONA MERAH Covid-19, Tim Gugus Tugas Sebut Transmisi Lokal Terkunci di Desa Bandul. Foto: Tracking contact oleh tim gugus tigas Covid-19 Kepulauan Meranti yang dilakukan di Desa Bandul, Kepulauan Meranti. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti telah ditetapkan sebagai zona Merah Covid-19 oleh pihak provinsi Riau.

Terkait hal ini Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Muhammad Fahri mengatakan bahwa penetapan tersebut didasari pada telah terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 dan adanya transmisi lokal yang terjadi di daerah.

Namun Fahri menggaris bawahi bahwa transmisi lokal yang terjadi masih terkunci di Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu.

"Terkait zona merah memang ada transmisi lokal dan terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di daerah Bandul, hasil tracking contact dari Bandul masih dari kluster Magetan sebelumnya. Sementara untuk di kecamatan Tebingtinggi itu belum ada kasus," ujar Fahri saat ditemui di kantornya Rabu (3/6/2020).

Dikatakan Fahri sesuai dengan hasil tracking contact terkini oleh tim gugus tugas, belum ada transmisi Covid-19 di tempat lain selain Desa Bandul. "Hasil analisa kami sampai saat ini belum ada transmisi virus di daerah lain, masih terkunci di Bandul," ujar Fahri.

Oleh sebab itu dikatakan Fahri status Pembatasan Sosial Skala Tertentu (PSST) di Desa Bandul masih diperpanjang hingga saat.

Desa Bandul diawasi secara ketat dan orang tidak bisa keluar maupun masuk ke lokasi Desa Bandul terkecuali keperluan mendesak.

Sementara saat ditanya apakah ada rencana penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kepulauan Meranti, Fahri mengaku Tim Gugus Tugas belum memiliki rencana terkait hal tersebut.

Meranti ZONA MERAH Covid-19, Tim Gugus Tugas Sebut Transmisi Lokal Terkunci di Desa Bandul
Meranti ZONA MERAH Covid-19, Tim Gugus Tugas Sebut Transmisi Lokal Terkunci di Desa Bandul. Foto: Tracking contact oleh tim gugus tigas Covid-19 Kepulauan Meranti yang dilakukan di Desa Bandul, Kepulauan Meranti. (Tribun Pekanbaru/Teddy Tarigan)

"Kondisi di daerah kita, kita yang tahu. Dimana transmisi lokal yang terjadi di Bandul tetap masih kita awasi secara ketat. Selain itu PSBB juga tentu harus ada kajian yang mendalam karena geografis kita yang berpulau berbeda dengan daerah lain, pelaksanaanya juga pasti berpengaruh terhadap masyarakat," tutur Fahri.

Oleh karena itu dikatakan Fahri, walaupun terjadi transmisi lokal di Desa Bandul, secara umum Kepulauan Meranti yang ibukotanya Selatpanjang saat ini relatif masih terkendali dari virus.

Halaman
12
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved